Hari Pertama Sosialisasi Satu Arah Jalan Sudirman Berjalan Lancar

oleh
Sejumlah petugas dari Polres Kudus dan Dinas Perhubungan serta Satpol PP saat melakukan sosialisasi perubahan arus jalan Jenderal Sudirman Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pantauan hari pertama pemberlakuan jalur di Jalan Jenderal Sudirman menjadi satu arah kembali pagi tadi terlihat berjalan lancar. Terlihat sejak pagi pada setiap sudut jalan yang menuju ke akses jalan tersebut ditempatkan  sejumlah petugas, baik dari Dinas Perhubungan (Dishub), Polres Kudus maupun Satpol PP yang memberitahukan dan mengarahkan terkait perubahan jalur.

Sosialisasi pemberlakuan arus satu arah kembali, setelah sejak Oktober 2016 di rubah menjadi dua arah Jalan protokol tersebut dilakukan selama 15 hari oleh Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres dan Satpol PP Kabupaten Kudus. Tak hanya melalui megafon tapi juga melalui pemasangan banner besar yang mengumumkan pemberlakuan perubahan jalur, Sabtu (11/5/2019).

Sejumlah personel gabungan diterjunkan di sepanjang jalan Jendral Sudirman. Mereka ditempatkan di beberapa titik. Terutama di perempatan jalan mulai dari perempatan dari simpang tujuh Kudus hingga perempatan pentol.

TRENDING :  Terminal Induk Jati: Turun Jumlah Pemudik Dengan Moda Transportasi Bus

Kepala Dishub Kudus Abdul Halil mengatakan, mulai hari ini Sabtu (11/05/2019) pemberlakukan sistem satu arah di jalan Jendral Sudirman sudah dilakukan. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pihaknya. Mulai dari menyurati kantor-kantor di sepanjang jalan tersebut hingga sosialisasi dan publikasi lewat media.

“Pemberlakuan arus satu arah ini adalah sejak pukul 06.00 hingga pukul 20.00 WIB, selanjutnya pada pukul 20.00 hingga pukul 06.00 WIB boleh dua arah dan itu kami tuliskan dalam banner besar yang kami pasang pada akses jalan besar menuju ke Jalan Sudirman ini,” katanya kepada awak media, Sabtu, (11/05/2019).

TRENDING :  Disini Titik 0 KM Kabupaten Kudus

Ia mengatakan, untuk kegiatan sosialisasi pihaknya menerjukan personel penuh. Ada sebayak 35 personel yang diterjunkan dalam kegiatan tersebut. Direncanakan sosialisasi tersebut dilakukan paling cepat satu pekan dengan masa tenggang paling lama 30 hari ke depan.

“Setelah ini dilakukan sosialisasi tahapan selanjutnya ada masa tenggang selama 30 hari. Baru kemudian nanti bagi pengguna jalan yang melanggar satu arah akan ditindak oleh kepolisian,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, untuk pemasangan rambu lalulintas hingga kini belum dipasang. Pihaknya masih memesan kebutuhan rambu sepanjang jalan Jendral sudirman. Ditargetkan secepatnya rambu lalu lintas segera dipasang supaya masyarakat tak salah jalur.

 “Ini baru tulisan banner dulu memberikan pengumuman pemberlakukan sistem satu arah mulai pukul 06.00-20.00 WIB dan sistem dua arah 20.00-06.00 WIB,” katanya.

TRENDING :  Stikerisasi Angkutan Penumpang Penanda Kendaraan Ini Laik Jalan

Senada juga diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Kudus AKP Ikrar Potawari. Pihaknya pada kegiatan sosialisasi tersebut akhirnya menerjukan sebanyak 50 personel dari rencana awal 10 personel. Mereka dibagi menjadi empat titik dengan penempatan didi perempatan jalan sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

”Kami berikan  sosialisasi kepada masyarakat. Apabila ada masyarakat yang salah arah kami berikan sosialisasi kepada mereka bahwa kebijakan satu arah sudah diberlakukan,” katanya.

 Kami sampaikan kepada masyarakat. Selama proses sosialisasi sepekan dan masa tenggang selama 30 hari pengguna jalan yang melanggar tidak akan ditilang dan hanya diberi pemahaman.

“Namun setelah usai 30 hari masa sosialisasi, maka bagi para pelanggar akan kami tilang.” Ungkap dia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :