Hartopo Minta Renovasi Stadion Wergu Wetan Kudus Dihentikan Sementara

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Wakil Bupati Kudus M Hartopo meminta proses pembangunan tribun utara dan tribun selatan Stadion Wergu Wetan Kudus dihentikan sementara. Hal itu menyusul insiden ambruknya konstruksi atap terkena hempasan angin saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang, Selasa (6/11/2018).

“Kami minta proses pembangunan dihentikan sementara dulu, menunggu investigasi dari tim internal Pemkab Kudus. Jika memang materian yang digunakan memenuhi spesifikasi bisa dilanjutkankembali,” katanya saat meninjau Stadion Wergu Wetan Kudus, Rabu (7/11/2018).

Akan tetapi, lanjut Hartopo, jika nantinya ada temuan BPK Provinsi harus turun untuk mengaudit proyek yang mendapat kucuran dana APBD Kudus Rp 22,2 miliar itu.

TRENDING :  Mobil Dinas Dilarang Digunakan Untuk Mudik

Dalam kesempatan itu pula Hartopo menilai pihaknya kecurian masalah kualitas. Dia mencontohkan seperti galvalum yang digunakan saat ini 0,3 mm yang dinilainya berkualitas dibawah standar.

Njenengan bisa bisa cari galvalum ukuran 0,3 mm, saya yakin ada yang spesifikasinya lebih bagus dari ini. Sama-sama 0,3 mm tapi kulaitasnya lebih jelek yang saat ini digunakan,” katanya kepada para wartawan.

Dicontohkan lagi speerti baut juga sama. Kalau yang ada campuran bajanya tentu lumayan kuat, apalagi yang baja pasti sangat kuat bahkan membutuhkan tenaga lebih untuk mengencangkan baut itu.

TRENDING :  Tak Berizin, Pembangunan Tower Operator Seluler di Peganjaran Hampir Rampung, Satpol PP Kudus Kecolongan?

Sementara jika baut dengan ukuran sama tapi kualitas jelek, menurutnya apabila dikencangkan mudah jebol. “Sekali lagi ini kita kecurian kualitas,” tegasnya.

Ditambahkan, yang menjadi permasalahan ambruknya konstruksi atap tribun utara Stadion Wergu Wetan Kudus adalah kualitas besi yang buruk. Sebab untuk dibaut saja sudah ndak kuat.

“Harusnya dulu ketika akan dibangun ada tim akademisi untuk menghitung teknis. Kalau dari teknik sipil kan bisa memperhitungkan antara campuran semen, batu bata, pasir dan lainnya, sehingga dapat diperkirakan sampai berapa lama usia bangunan,” tuturnya.

TRENDING :  Pakaian Adat Nusantara Warnai Pengajian Umum

Sementara itu, Kepala Dinas Disdikpora Kabupaten Kudus Joko Susilo menambahkan, waktu pengerjaan proyek renovasi Stadion Wergu Wetan Kudus dijadwalkan sampai 20 November 2018.

Hanya saja karena konstruksi atap tribun utara ambruk, pihaknya akan memberikan kompensasi waktu hingga 20 Desember 2018 untuk penyelesaian. “Sudah ada arahan untuk pelaksanaan ini ada perpanjangan sampai 20 Desember 2018, sebab kejadian ini diakibatkan¬†force majeure kondisi alam atau musibah,” tukasnya. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :