Harus Rajin Cek Kondisi Bangunan SD Yang Punya BCB

by

Kudus, isknews.com – Di Kabupaten Kudus, terdapat sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang mempunyai bangunan cagar budaya (BCB). Bangunan ini sebagian besar masih dalam kondisi baik, sehingga bisa difungsikan sebagai ruang kegiatan belajar mengajar (KBM). Meskipun demikian, pihak sekolah harus melakukan pengecekan secara kontinyu, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan, terkait usia BCB yang rata-rata lebih dari setengah abad.

Salah satu SD di Kabupaten Kudus yang mempunyai BCB, adalah SD 2 Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Menurut Kepala SD 2 Barongan, Nor Afthina, yang dihubungi isknews.com, Jumat (19/05) di ruang kerjanya, di lahan yang ditempati SD 2 Barongan, terdapat satu unit BCB yang difungsikan KBM, terbagi tiga ruang kelas, untuk Kelas IV, V dan Kelas VI dengan ukuran 7×8 per ruang. “Karena statusnya sebagai BCB, kami tidak berani merubah bentuk bangunan utama. Rehabilitasi yang hanya terbatas, misalnya pemasangan keramik pada dinding bagian luar.”

Dengan kata lain, ungkapnya lanjut, semuanya masih asli, dari mulai dinding, kusen, daun pintu dan jendela, lantai keramik, kayu –kayu penyangga atap, serta genting. Pada bagian atap yang sudah diganti adalah plafon. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusakan, pihak sekolah dengan mengundang ahlinya, selaku mengecek kondisi fisik bangunan, terutama kayu-kayu penyangga atap yang tidak kelihatan, karena tertutup plafon. “Baru sekitar tiga bulan lalu, kami cek, kondisinya masih baik.”

KOMENTAR SEDULUR ISK :