Hasil Tangkapan Nelayan Turun Drastis

oleh -789 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sepanjang tahun 2017, tangkapan nelayan Jepara mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, tangkapan bahkan tidak sampai seribu ton. Kondisi cuaca di perairan Jepara yang tidak bersahabat disinyalir menjadi penyebab minimnya hasil tangkapan nelayan ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara Sudiyatno, Kamis (4/1/2017).

Menurut Sudiyatno, sepanjang 2017, nelayan hanya mampu menghasilkan tangkapan sebanyak 724 ton lebih. Hasil tangkapan yang tak mencapai seribu ton itu tak ada separuh dari hasil tangkapan selama 2016 lalu. Selama 2016 hasil tangkapan sebanyak 2.600 ton. Sepanjang 2017 hanya 742 sekian ton.

“Cuaca yang tidak terlalu bersahabat karena gelombang tinggi, angin kencang ditambah hujan seringkali terjadi bahkan sebelum musim baratan menyebabkan nelayan tidak bisa melaut,” ujarnya.

Meski demikian, nilai jual hasil tangkapan sangat tinggi. Sesepuh nelayan Jepara ini mengatakan jika nilai 742 ton ikan hasil tangkapan nelayan Jepara mencapai Rp 9,1 miliar lebih. Itu melebihi perkiraan awal nilai jual yakni pada angka Rp 8 miliar, bahkan diperkirakan pula kurang dari itu.

“Awalnya kita cukup was-was dengan nilai jual ikan hasil tangkapan itu. Tetapi ternyata hasilnya cukup melebihi yang kita perkirakan,” jelasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :