Hikari: Kiat Jaga Kesehatan Saat Cuaca Tak Bersahabat

Hikari: Kiat Jaga Kesehatan Saat Cuaca Tak Bersahabat

Kudus, isknews.com – Musim pancaroba belakangan ini dengan cuaca yang begitu ekstrim membuat tubuh harus ekstra adaptasi dengan perubahan cuaca yang begitu signifikan, dimana tidak jarang curah hujan yang begitu tinggi dibarengi dengan terik matahari yang mencapai lebih dari 35 derajat Celsius.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Joko Dwi Putranto melalui Kabid Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) Hikari Widodo mengatakan, Bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat bisa saja bertahan dengan tubuh yang fit namun bagi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah maka ancaman penyakitpun siap mengancam kesehatan dari mulai anak, lansia hingga orang dewasa pada umumnya.

“Pada saat perubahan cuaca yang begitu ekstrim seperti sekarang ini tentunya memicu datangnya penyakit seperti halnya demam, influenza, diare, sakit kepala, infeksi tenggorokan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

TRENDING :  Kelompok Makanan Jadi Penyumbang Inflasi Terbesar Bulan Ini

Penyakit ini begitu cepat menular terlebih yang ditimbulkan oleh virus melalui droplet infection atau partikel air yang bisa dihasilkan oleh percikan ketika batuk, bersin dan lainnya. Namun jika penyakit tersebut timbul oleh bakteri, penyebarannya bisa melalui kontak langsung atau lewat makanan.

Dibeberkan Hikari, untuk kiat Menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya diperlukan Istirahat yang cukup, “karena kurang istirahat bisa memicu daya tahan tubuh menjadi menurun, karena tubuh yang telah lelah beraktifitas dipaksa melaksanakan tugasnya,” terangnya.

TRENDING :  Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Selain itu, menjaga pola makan yang sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan juga menghindari kebiasaan buruk seperti halnya merokok, bergadang, jajan sembarangan di tempat yang tidak terjaga kebersihannya, mengkonsumsi alcohol, dan kebiasaan tidur saat pagi hari.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga sangat dianjurkan, karena minum air putih yang cukup saat cuaca Ekstrim dengan suhu tinggi, tubuh akan membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk mengimbangi tingginya metabolisme tubuh, membantu kinerja ginjal dalam menyaring darah, mencegah dehidrasi, dan lainnya.

TRENDING :  Tekan Beaya Operasional PD Apotek Kudus Lakukan Efisiensi

Olahraga begitu memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh karena mampu membuat daya tahan tubuh meningkat, membantu kelancaran metabolisme, menjaga kesehatan anggota gerak dan lainnya, sehingga dengan kondisi daya tahan tubuh yang bagus maka penyakit tidak akan mudah menjangkit. “Untuk menjaga kesehatan ketika cuaca Ekstrim sebaiknya selalu siap siaga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.” pungkasnya. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post