Hilangkan Rasa Lapar Saat Berpuasa

by
lapar saat berpuasa ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Pada saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 10 – 12 jam lamanya. Hal ini membuat tubuh merasa lapar dan haus. Sebuah penelitian berhasil menjelaskan bagaimana manusia merasa lapar saat berpuasa dan cara mengendalikannya.

Dalam sebuah studi yang berfokus pada jurnal Fisiologi dan Perilaku pada tahun 2006, dalam hal manusia membutuhkan sebuah hormon yang diperlukan untuk otak. Hormon tersebut adalah Ghrelin.

Hormon yang banyak dihasilkan oleh usus dua belas jari, diproduksi tubuh manusia selama 24 jam. Setelah hormon ini dibuat, ghrelin akan masuk ke dalam otak kemudian menstimulasi kembali rasa rasa lapar. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa tinggi atau rendahnya hormon ghrelin pada tubuh oleh makanan. Jika seseorang mengkonsumsi makanan maka hormon ghrelin dalam tubuh akan rendah, dan sebaliknya.

Namun dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Clinical Nutrition tahun 2017, menjelaskan bahwa hormon ghrelin ini bukan satu-satunya penyebab rasa lapar. Dalam studi ini ditemukan, bahwa orang yang menjalani puasa mengalami peningkatan hormon ghrelin. Akan tetapi mereka tidak merasa sangat lapar saat menjalani puasa.

TRENDING :  Selain Mahal Fogging Dinilai Tidak Efektif

KOMENTAR SEDULUR ISK :