HIMAGHITA’S FESTIVAL Program Kreatif dan Edukasi Mahasiswa

HIMAGHITA’S FESTIVAL Program Kreatif dan Edukasi Mahasiswa

Surakarta, isknews.com – HIMAGHITA’S FESTIVAL atau HIMAFEST adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2015. HIMAFEST tahun ini mengangkat tema Food Exploration from Sea Source as Solution to Overcome Innutrition yang bermaksud meningkatkan kesadaran untuk mengeksplorasi sumber daya kelautan untuk menuntaskan masalah pangan Indonesia.
HIMAFEST tahun ini memiliki 3 rangkaian sub acara yaitu, SFCC (Lomba Karya Tulis SMA ddengan inti tema membuat inovasi pangan hasil eksplorasi kelautan). Lomba ini memperebutkan hadiah menarik yaitu Piala Gubernur, selain itu pemenang akan mendapat uang senilai Rp 7.000.000,-.
Acara kedua yang diselenggarakan yaitu Bazar Pangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Oktober di Benteng Vastenburg Solo. Di acara ini tersedia berbagai stand makanan yang menjajakan makanan hits di Solo Raya. Dalam acara ini juga ada berbagai lomba menarik diataranya lomba demo masak dengan doorprize 9 kitchen stuffs. Lomba mewarnai dengan tema “Aku Gemar Ikan”. Lalu ada lomba makan ceker pedas (daftar gratis!!!) dan diacara Bazar ini dimeriahkan oleh Guest Star seperti Voca Erudita, Tarian dari ISI, Keong Ajaib dan masih ada hiburan yang akan ditampilkan di acara ini. Dan diacara ini ada momentum special nantinya yaitu penyerahan hasil charity kepada masyarakat Solo yang kekurangan gizi disalurkan melalui Solo Peduli dimana Charity digalang dari penjualan kaos dan gelang Food Awaenwss.
Acara ketiga yaitu Aksi Pangan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa ini diawali dengan acara pre event yang dilakukan di Slamet Riyadi pada saat Car Free Day yaitu talkshow gemarikan oleh HMPPI dan Solo Peduli, ada aksi penulisan wish di lampion raksasa, dan launching live lagu gemarikan (13/9). Lalu dilanjutkan pre event kedua pada 27 September dengan mengadakan SOLO GOES BLUE dimana aksi ini membirukan Solo dengan memakai wardrobe biru, ada juga 7 Spot Sounding dan Flashmob gemarikan.
Dan aksi selanjutnya akan diadakan pada tanggal 16 Oktober 201. Disini mahasiswa yang tergabung dalam aktivis pangan dari ITP UNS dan BEM FP UNS melakukan orasi untuk menyuarakan berbagai hal mengenai pangan di Indonesia ini.
“Harapan dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami keadaan Indonesia dengan sumber daya kelautan yang melimpah sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya baik itu untuk dikonsumsi sendiri atau dijual. Dan masyarakat dapat merasakan hype dari hari pangan sedunia. Dan kami berharap bantuan yang kami salurkan dapat membantu menyelesaikan masalah pangan baik secara langsung maupun tidak langsung”, ujar Syuga, salah satu panitia HIMAFEST.

TRENDING :  Hadi Rudyatmo Minta Seluruh Warga Dukung Programnya 3WMP Waras Wasis Wareg Mapan Dan Papan.

 

Amalia Zulfana

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post