Hindari Jual Beli Lelang Jabatan Dalam Pengisian JPT, BKD Libatkan PT Dalam Tim Seleksi

Kudus, isknews.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kudus, Joko Triyono, mengatakan, untuk menghindari kemungkinan terjadinya jual- beli jabatan, dalam pengisian kekosongan kepala dinas, pihak panitia penyelenggara lelang jabatan pejabat tinggi (JPT), akan melibatkan unsur perguruan tinggi (PT), menjadi bagian dari tim seleksi lelang pengisian jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kudus itu.

Dia menyampaikan hal itu, saat dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Senin (09/1). Dikatakan, keterlibatan pihak luar dalam susunan tim penilai seleksi pengisian JPT itu, memang sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, tujuannya agar penilaian berlangsung obyektif. Selain itu, lelang pengisian JPT akan dilaksanakan secara terbuka, sehingga siapa pun boleh mengikuti. “Tidak harus yang menjabat sebagai sekretaris daerah (sekdin), siapapun boleh mendaftar, sepanjang memenuhi persyaratan.”

Joko selanjutnya menerangkan, lelang JPT akan dilaksanakan secepatnya dalam bulan ini, paling lambat minggu ketiga Januari 2017. Bertindak sebagai ketua panitia lelang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus, Noryasin. “Persyaratanya masih seperti pada lelang JPT sebelumnya, tidak ada perubahan.”
Seperti diberitakan di isknews, Bupati Kudus Musthofa, pada akhir 2016, telah melantik 463 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus sesuai dengan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru. Namun masih ada enam jabatan yang masih kosong, yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Sekretaris DPRD, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian, Usaha Kecil dan Menengah.(DM)

Facebook Comments