Hindari Limpas, Jembatan Golantepus Kudus Ditinggikan

Kudus, isknews.com – Jembatan di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus itu, jika sungai di bawahnya, yakni Sungai Dawe, sedang banjir, aliran air melintas di atas permukaan jembatan. Penyebabnya luapan air Sungai Dawe itu lebih tinggi dari lantai dasar jembatan. Untuk menghindari hal itu, jembatan tersebut dibongkar total dan diganti jembatan baru. Agar tidak terjadi limpas, lantai dasar jembatan ditinggikan 50 centimeter.

Menurut Gari, rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, saat dihubungi isknews.com, Sabtu (17/12), mengatakan hal itu. Menurut dia, penambahan ketinggian jembatan 50 sentimter itu sudah final, pasalnya untuk penyesuaian jalan di kanan kiri jembatan, harus disertani dengan peninggian jalan, agar kemiringannya tidak terlalu menanjak. Dengan adanya peninggian jalan itu, beberapa rumah warga yang letaknya mepet dengan jembatan, tidak mendapatkan jalan, karena tanahnya lebih rendah dari jalan yang ditinggikan. “Jadi kalau ketinggian jembatan ditambah lagi, kasihan dengan warga yang rumahnya mepet dengan sungai.”

Baca Juga :  Dirjen PUPR Tandatangani Prasasti Pengalihan Aliran Sungai Logung Ke Pelimpahan

Jembatan Golantepus, adalah satu dari tiga jembatan di Kecamatan Mejobo yang dibongkar total dan diganti jembatan baru. Dua jembatan lainnya yang dibangun baru, adalah jembatan Desa Kirig dan jembatan Desa Temulus. Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) selaku pelaksana pengadaan proyek, adalah Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus, kegiatannya rehabilitasi/pemeliharaan jembatan, paket pekerjaan penggantian jembatan.

Baca Juga :  Sudah Bisa Dilewati Jembatan Singocandi Kudus

Untuk penggantian jembatan Golantepus, Desa Golantepus, besarnya anggaran sesuai nilai kontrak, Rp 932.133.000, sumber dana ABBD Kabupaten Kudus, tahun anggaran (TA) 2016 perubahan. Lama waktu pengerjaan 60 hari kalender, terhitung sejak 27 Oktober 2016. Jembatan baru itu memiliki ukuran 6 x 6 meter, untuk memperkuat pilar jembatan, pada bagian bagian bawah dan kedua sisi sungai, dibuat dinding penahan untuk mengurangi gerusan air.
“Pembangunan jembatan Golantepus itu dikebut dan diusahakan selesai sebelum batas waktu, bahkan lebih cepat,” ujar Gari. (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?