Hingga November, Baru Sebagian Kecil Perusahaan Yang Serahkan Struktur dan Skala Upah

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Hingga pertengahan November ini, baru sebagian kecil perusahaan di Jepara yang menyerahkan pemberitahuan struktur dan skala upah. Padahal, kebijakan yang merupakan amanat Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 1 tahun 2017 ini, sudah harus disusun dan dilaksanakan paling lambat pada 23 Oktober lalu. Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jepara pun hingga kini belum melakukan sosialisasi resmi kepada perusahaan.

TRENDING :  Upah Minimum Kabupaten Pati Masih Tarik Ulur

Kepala Bidang Tenaga Kerja pada Edy Wijayanto mengungkapkan, sosialisasi dengan mengundang perusahaan baru akan dilakukan bulan ini. Itu pun tidak bisa mengundang semua perusahaan yang ada. “Secara resmi memang belum kita lakukan, tetapi dalam waktu dekat ini. Hanya saja kemungkinan yang bisa kita undang hanya sekitar 50 perusahaan saja,” ujarnya, Rabu (15/11/2017).

Edy mengungkapkan, sebenarnya sudah ada sebagian perusahaan yang melaporkan terkait struktur dan skala upah yang sudah disusun. Tapi sebagian belum menyerahkan. Pasalnya, penyusunan dan pelaksanaan besaran upah yang berjenjang ini merupakan tugas internal perusahaan. “Sebagian sudah datang memberitahukan tetapi memang tidak ada kewajiban menyerahkan ke perusahaan, jarenz sifatnya internal,” imbuhnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :