Hok Tik Bio, Kelenteng Tertua di Kota Kudus

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kelenteng Hok Tik Bio yang terletak di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Senin (06-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kelenteng Hok Tik Bio yang terletak di Desa Tanjungkarang merupakan Kelenteng tertua di Kota Kretek ini. Letaknya yang strategis yakni di pinggir Jalan Kudus-Purwodadi, menjadikan kelenteng ini ramai dikunjungi oleh warga Tionghoa setiap harinya.

TRENDING :  Tahu Enggak, Ada Desa yang Berasal Dari Nama Daun di Kudus

Konon, kelenteng ini dibangun pada era penjajahan Belanda, lebih tepatnya tahun 1741. Pada masa itu, Batavia (Jakarta -red) dibawah pimpinan Gubernur Jendral Andrian Valckneir, terjadi sebuah tragedi pembunuhan masal terhadap etnis Tionghoa di Indonesia oleh Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC) Belanda.

Beberapa orang Tionghoa berhasil meloloskan diri dari tragedi tersebut, melalui jalur laut dengan menggunakan sebuah kapal. Mereka berkelana memasuki muara dan sungai, hingga menghantarkan mereka ke sejumlah daerah salah satunya adalah Kudus.

TRENDING :  Diikuti 562 Peserta, MQK dan Pospeda Sebagai Ajang Silaturahim Antar Pesantren di Kudus
Arca Hok Tik Tjieng Sien ISKNEWS.COM
Foto: Arca Hok Tik Tjieng Sien yang berada di Kelenteng Hok Tik Bio yang terletak di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Senin (06-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Perjalanan mereka memasuki Kota Kudus melalui Kanal Semarang (Sungai Wulan Tanggulangin -red), lalu memasuki sebuah anak sungai dan sampailah mereka ke sebuah daerah bernama Dusun Bogo.

TRENDING :  Jelang Datangnya Ramadhan, Peziarah Walisongo di Kudus Masih Sepi

KOMENTAR SEDULUR ISK :