Hore, Gedung Bioskop 4 Theater Bakal Kembali Hadir Di Kudus

oleh
Bupati Kudus saat meninjau Bangunan "Kudus Trade Center" di Kompleks Terminal Induk jati Kudus (Foto: YM)

 

Kudus, isknews.com – Kota kretek Kudus sebentar lagi akan hadir kembali gedung bioskop, seperti yang pernah ada di  kompleks Matahari sebelum terbakar, Gedung  bioskop empat theater yang akan dibangun oleh pihak ketiga ini rencananya akan di bangun di dalam arena gedung “Kudus Trade Center” kompleks terminal Induk, Jati Kudus.

Hal itu terungkap saat Bupati Kudus, HM Tamzil melakukan kunjungan ke gedung yang tadinya di proyeksikan sebagai pusat perbelanjaan  dan arena pamer dan promosi produk lokal Kudus siang tadi,

“Saat ini sudah ada pihak ketiga yang mengajukan kerja sama dalam bentuk sewa bangunan tersebut, rencananya, pihak ketiga yang hendak menyewa akan digunakan untuk bioskop, sedangkan lantai dasar gedung ini bisa dimanfaatkan pelaku UMKM,” terang Bupati Tamzil.

TRENDING :  354 Calhaj Kloter 37 Dilepas Bupati Kudus H. Musthofa

Kapasitas tempat duduk untuk tempat hiburan tersebut, kata dia, sekitar 150 tempat duduk, sedangkan jumlah bioskopnya ada empat ruang.

Pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada pihak ketiga, sedangkan Pemkab Kudus menerima pembayaran sewa untuk setiap tahunnya.

Dalam kesempatan tersebut Tamzil menjelaskan, terkait Gedung Kudus Trade Center ini akhirnya disewakan kepada pihak ketiga setelah pemerintah kabupaten menyatakan tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melanjutkan pembangunannya.

Proyek yang pembangunannya menelan biaya sebesar Rp 12,46 miliar itu dibangun di atas tanah seluas 4.618 meter sebelumnya diproyeksikan sebagai arena berjualan produk lokal Kudus serta mempromosikan produk lokal andalan di Kudus, kini terpaksa harus di pihak ketigakan.

TRENDING :  Paska ditolaknya Uji Materi Perda Karaoke Oleh MA, LSM Minta Pemkab Segera Bersihkan Kudus Dari "Karaoke"

“Karena memang pada tahun ini Pemkab Kudus tidak memiliki anggaran untuk melanjutkan pembangunan `trade center` tersebut, untuk itu kita akan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga,” kata Bupati Kudus HM Tamzil didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti di sela-sela mengunjungi “Trade Center” Kudus.

“Nantinya, pihak swasta yang akan diajak kerja sama, memiliki kewajiban menyelesaikan pembangunan “trade center” tersebut dan berdasarkan pengalaman kerja sama dengan pihak swasta, dalam pengelolaannya lebih profesional. Selain itu kami juga akan mengupayakan agar setiap periode tertentu ada pameran di tempat ini nanti dengan menghadirkan pelaku UMKM Kudus,” ujarnya.

Tempat parkir kendaraan bermotor, diupayakan bisa memanfaatkan terminal yang diperkirakan pada malam hari kondisinya tidak ada aktivitas bus yang masuk terminal.

TRENDING :  Dapur Rusmini Warga Kuwukan Roboh Terkena Longsor

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti menambahkan bahwa dari sejumlah pihak swasta yang mengajukan penawaran, hanya satu yang benar-benar ingin melakukan kerja sama yang nantinya hendak digunakan untuk bioskop.

Pembangunan pusat perdagangan di atas lahan seluas 4.618 meter persegi yang berada di kompleks Terminal Induk Jati Kudus tersebut, dimulai sejak 2017 dengan anggaran sebesar Rp12,46 miliar, sedangkan untuk pengaspalan jalan menuju “trade center” dianggarkan sekitar Rp900-an juta.

Hanya saja, bangunan berlantai tersebut belum selesai seluruhnya karena masih ada lanjutan pembangunan, terutama untuk jendela, atap lantai dua, penuntasan dinding bangunan serta tangga berjalan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :