Hujan 30 Persen Jalan Di Kudus Rusak Berat

Hujan 30 Persen Jalan Di Kudus Rusak Berat

Kudus, isknews.com – Sekitar 30 persen jalan di Kabupaten Kudus mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi di jalan milik Kabupaten Kudus maupun milik Provinsi Jawa Tengah itu bervariasi, namun sebagian besar rusak berat, sebagian lainnya rusak ringan. Penyebab dari kerusakan jalan yang panjang keseluruhan sekitar 110 kilometer itu, adalah akibat tertimpa hujan terus menerus dan dilintasi kendaraan berat, sehingga menimbulkan munculnya lubang-lubang pada permukaan jalan.

Kepala Dinas Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DBPUPR) Kabupaten Kudus, Sam’ani Intakoris, melalui Kepala Seksie (Kasie) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Hari Wibowo, yang dihubungi isknews.com, Jumat (17/2), mengatakan hal itu. Menurut dia, angka 30 persen kerusakan jalan di Kabupaten itu diperoleh dari hasil survai langsung di lapangan dalam dua bulan terakhir ini, sejak turunya terus menerus pada musim hujan ini. “Survai oleh tim Bina Marga, meliputi semua jalan di Kabupaten Kudus yang keseluruhan sebanyak 323 ruas. Kalau panjang jalan total sekitar 110 kilometer lebih.”

Dia mengungkapkan, pada mulanya kerusakan yang terjadi pada jalan-jalan kelas-1, yakni jalan provinsi, hanya kerusakan ringan berupa munculnya lubang-lubang kecil. Namun karena kendaraan yang melintas di atasnya, termasuk kendaraan berat tiada henti, lubang-lubang itu pun semakin besar, sehingga kerusakan itu semakin hari semakin parah. “Sedangkan jalan-jalan di perkotaan, kerusakan disebabkan adanya genangan air hujan, akibat curah hujan yang tinggi, sehingga drainase tidak mampu menampung.”

Mengenai upaya perbaikan dan besarnya anggaran yang dibutuhkan, hingga saat ini belum bisa tentukan. Hal itu dikarenakan sampai saat ini suvei di lapangan masih berlangsung, serta masih terus dilakukan pendataan. “Jika nanti besar atau volume kerusakan sudah masuk secara keseluruhan, baru bisa dianggarkan, berapa besar dana yang diajukan untuk perbaikan jalan tersebut.”(DM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Inilah Penjelasan PT KAI, Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel

Share This Post

Post Comment

*