HUT Bhayangkara, Tiga Warga Sipil Diberi Penghargaan

oleh
HUT Bhayangkara, Tiga Warga Sipil Diberi Penghargaan
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Tiga warga sipil, masing-masing Sumaryono (35), Karbolah (51), dan Muzaikan (25) mendapat penghargaan karena turut membantu tugas kepolisian melakukan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Polres Jepara. Penghargaan itu diberikan Kapolres Jepara AKBP Yudhianto Adi Nugroho, saat menggelar upacara peringatan HUT Bhayangkara Ke-72 di Mapolres Jepara, Rabu (11-7-2018).

Pengharagaan yang diberikan kepada tiga orang itu, kata Yudhi, merupakan sebuah apresiasi yang diberikannya terhadap warga yang membantu menciptakan keamanan masyarakat. “Kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap warga yang telah berpartisipasi membantu tugas kepolisian. Hal ini juga sekaligus menggugah kesadaran masyarakat dalam upaya membantu Polri,” ujar Kapolres Jepara.

TRENDING :  UMKM Bisa Terbang Tinggi Jika Tertib Perizinan

Sumaryono sendiri adalah seorang yang berprofesi sebagai kondektur bus. Ia diberi penghargaan oleh Kapolres Jepara karena telah membantu menggagalkan dan mengamankan pelaku tidak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di kendaraan umum dan sempat beradu fisik. Hingga akhirnya pelaku diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses dan di rumahkan.

TRENDING :  GJL Tuntut Dana Desa Diawasi Lebih Ketat

“Korban yang saat itu akan naik mobil barangnya diambil. Ketahuan orangnya (pelaku) kejar-kejaran sama saya dari SPBU Senenan sampai BRI tertangkapnya. Satu orang pelaku yang tertangkap melakukan perlawanan, tapi dapat dilumpuhkan terus diserahkan ke polisi,” ungkap Sumaryono.

Pria yang juga berprofesi sebagai tukang foto di kawasan wisata pantai ini, mengaku berterimakasih kepada jajaran Polres Jepara atas penghargaan dan perhatian yang diberikan kepadanya.

Kemudian, Karbolah dan Muzaikan adalah pegawai swasta yang berjasa memberikan informasi kepada petugas kepolisian tentang adanya pengedar narkoba. Sehingga pelaku berhasil ditangkap dan pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu.

TRENDING :  Tiap Kali Dilakukan Operasi Gabungan Penindakan Galian C Ilegal Selalu Bocor

Selain tiga warga sipil, Kapolres Jepara didampingi Forkopinda Kabupaten Jepara juga memberikan berbagai macam penghargaan pemenang lomba, yakni lomba lomba Poskamling tingkat kelurahan/desa, dan lomba ceramah Bhabinkamtibmas. Selanjutnya rangkaian puncak peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, jajaran Polres Jepara juga memberikan beasiswa kepada putra/putri anggota Polri yang berprestasi dibidang akademik. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :