HUT PPNI Ke-43, DPD PPNI Kudus Galakkan Gerakan Mendukung Masyarakat Sehat

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memasuki usianya yang ke 43 tahun pada Jumat (17/03/2017) kemarin. Dalam peringatan tahun ini DPD PPNI Kabupaten Kudus mengambil tema ”Gerakan Mendukung Masyarakat Sehat : Perawat Sahabat Rakyat, Setia Merawat Setiap Saat”.

ISKNEWS.COM

Serangkaian kegiatan digelar selama dua hari Jumat-Sabtu (17-18/03/2017). Di antaranya melakukan penyuluhan perilaku hidup sehat dengan hand hygiene pada anak SD wilayah kerja tiga puskesma, yakni Puskesmas Dawe di SDN 4 Cendono dengan 175 peserta.

ISKNEWS.COM

Puskesmas Gribig di SDN 3 Karangmalang dengan 195 peserta dan di Puskesmas Sidorekso diikuti 245 peserta. Selain menggelar hand hygiene bagi anak sekolah juga dilaksanakan untuk pasien dan keluarga pada Institusi Palayanan Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan se-Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Imunisasi Campak-Rubella Menyasar 293.376 Anak

Antara lain, RSUD dr Loekmono Hadi yang diikuti 25 peserta, RS Mardi Rahayu dengan 350 peserta, RS Islam Kudus dengan 250 peserta, RS Kumalasiwi dengan 150 peserta, RS Aisyiah dengan 200 peserta, Puskesmas Undaan dengan 100 peserta, Stikes Cendekia Utama dan Stikes Muhammadiyah masing-masing 500 peserta.

ISKNEWS.COM

”Kita mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui hal kecil dengan cara rajin mencuci tangan. Sebab, dengan mencuci tangan dapat mencegah diri terkena infeksi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata Ketua DPD PPNI Kabupaten Kudus Masvan Yulianto, Sabtu (18/03/2017).

TRENDING :  Inilah Cara Penanganan Kasus TB Menurut Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kudus

Tak hanya sebatas itu saja, peringatan HUT PPNI ke-43 dilanjutkan pada Sabtu, 18 Maret 2017, dengan melaksanakan apel dan Siaga Ambulance K-119 Kudus. Dalam kesempatan itu pula dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto yang diberikan kepada Ketua DPD PPNI Kudus Masvan Yulianto.

TRENDING :  Pernah Sabet Tiga Kali Juara PHBS Nasional, Kini Desa Medani Canangkan Kampung KB

ISKNEWS.COM

Pemotongan tumpeng tersebut merupakan wujud rasa syukur kepada sang pencipta, yang telah memberikan kelancaran kepada para perawat dalam menjalankan tugas kemanusiaan menyehatkan bangsa. “Kamj berharap ke depannya nasib para perawat bisa lebih baik dan dihargai,” tambahnya.

ISKNEWS.COM

Usai pelaksanaan apel kegiatan dilanjutkan dengan menggelar Workshop Aplikasi SPGDT K-119 oleh tim Brigade Siaga Bencana PPNI Kudus, yang diikuti sebanyak 900 peserta yang terdiri dari supir ambulance dan perawat tim SPGDT di 19 puskesmas dan tujuh rumah sakit di Kudus. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :