HUT TNI ke-73, Kodim 0722/Kudus Ikut Lestarikan Budaya Wayang Kulit

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati HUT TNI ke – 73 tahun 2018 dipentaskan di lapangan Makodim 0722/Kudus, Jumat (5/10/2018) malam.

Ratusan orang hadir menyaksikan dalang Ki Susilo Tengkleng saat memainkan wayang dengan lakon” Semar Bangun Jiwo”. Hiburan yang sekaligus dalam rangka melestarikan budaya itu digelar semalam suntuk hingga Sabtu pukul 03.00 WIB dini hari.

Dandim 0722/Kudus, Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo mengatakan, Suksesnya pelaksanaan acara HUT TNI ke 73 ini adalah peran kita semua dan bertujuan agar masyarakat Kudus mencintai budaya Daerah sendiri dan tidak terpengaruh dengan budaya luar yang tidak sesuai dengan kepripadian bangsa indonesia.

“Malam ini adalah puncak acara untuk semua pagelaran budaya dalam memperingati HUT TNI ke 73, selain ada paneran keris, kirab budaya dan lainnya. Semoga akan tetap jaya di darat, laut dan udara selalu di cintai rakyat,” harapnya.

TRENDING :  Gus Ghofur Maimoen: Ulama Harus Jadi Suri Tauladan Bagi Umat

Ucapan terimakasih juga Ia berikan kepada pemilik perusahaan otobus nasional asal Kudus, H. Haryanto. “Saya berterima kasih karena beliau sudah memberikan hiburan wayang kulit dengan dalang Ki Susilo Tengkleng dari Kota Solo Jawa tengah dengan lakon” Semar Bangun Jiwo”, semoga semua yang mendukung dalam kegiatan ini di balas dengan kebaikan oleh Allah SWT,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Kudus, H. Hartopo dalam sambutannya, Malam ini adalah penutupan pekan budaya yang telah berlangsung mulai tanggal 03 Oktober 2018 lalu sampai malam hari ini yang ditutup dengan pagelaran wayang kulit, Ia sangat mengapresiasi.

“Ini adalah bentuk partisipasi dari seluruh komponen masyarakat acara ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar untuk itu pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Kudus dan pribadi saya menyampaikan terima kasih kepada Komandan Kodim 0722/ Kudus beserta jajarannya selaku panitia penyelenggara dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan malam hari ini,” terangnya.

Dikatakan Hartopo, Kudus sampai saat ini Alhamdulillah dalam keadaan kondusif ini berkat kekompakan dari para pemimpin dan tokoh masyarakat yang dilandasi sikap saling asah asih dan asuh.

TRENDING :  Petani Desa Medini Bakal Dimanjakan Jalan Cor, Tak Perlu Susah Menuju Sawah

“TNI berkewajiban dalam mensukseskan pembangunan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat untuk mengatasi gangguan keamanan harus di dikembangkan  untuk menuju terciptanya keamanan stabilitas swakarsa dan TNI juga di tuntut dalam menghadapi segala ancaman baik dari dalam maupun dari luar sesuai ketentuan perundang undangan hingga terciptanya suasana yang harmonis dan kondusif di Kabupaten Kudus ini,” bebernya.

TRENDING :  Miris, Pelukis Background Ketoprak di Pati Makin Langka

“Sekali lagi atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Kudus kami Mengucapkan selamat HUT TNI ke 73 semoga jaya selalu dan semakin Profesional dan di cintai rakyat,” tambahnya.

Pantauan isknews.com di lokasi, Pemberian Cendra mata juga diberikan dari Pakertiku kepada Dandim 0722/Kudus berupa Keris Pusaka “Brojo Guno”. Selain itu, ada juga penyerahan hadiah lomba pemenang Kirab Budaya dan lomba busana pakaian adat Jawa.

Selanjutnya pukul 22.30 WIB Dandim 0722/Kudus di dampingi Wakil Bupati dan H. Haryanto menyerahkan wayang ke dalang Ki Susilo Tengkleng untuk dimulainya pagelaran wayang kulit dengan lakon”Semar Bangun Rejo”. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :