Hybrid Engineering Solusi Minimalisir Abrasi Pantai Pasarbanggi

Hybrid Engineering Solusi Minimalisir Abrasi Pantai Pasarbanggi

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Untuk meminimalisir abrasi di pantai desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memasang “Hybrid Engineering” atau salah satu teknologi untuk mengatasi abrasi. Teknologi tersebut sudah mulai dikerjakan dan diperkirakan selesai Desember mendatang.

Maksum, Pengawas sekaligus Pembantu Pelaksanaan pemasangan “Hybrid Engineering” di Pantai Pasarbanggi, Rabu (15/11/2017) menjelaskan, Hybrid Engineering (HE) merupakan sebuah pagar yang dipasang berjajar di bibir pantai, HE nantinya berfungsi untuk menyaring sedimen. Dan Sedimen tersebut bisa dimanfaatkan untuk penebalan area hutan mangrove di desa setempat.

TRENDING :  3 Besar se Jateng Terkait Prestasi Imunisasi MR, Kudus Dikunjungi Tim SEAR WHO

“HE ini konsepnya membangun alam bersama dengan alam. Diharapkan nantinya desa memiliki lahan sedimen seluas 30 Hektar yang akan difungsikan untuk penambahan luas hutan mangrove,” terangnya.

TRENDING :  Kapolres Kudus Pimpin Upacara Korp Raport Pengabdian dan Purnabakti

Pemasangan “Hybrid Engineering” ini menggunakan media bambu yang dipasang memanjang kurang lebih 1.100 meter. Pemasangannya dibagi dalam 11 segmen, dengan setiap segmen memiliki panjang 100 meter berjajar dari muara sungai bibir pantai Desa Pasarbanggi menuju ke barat sampai di perbatasan Desa Tireman.

“Pembuatannya, pertama bambu dipotong panjangnya kurang lebih tiga meter. Salah satu sisi diruncingkan, setelah itu dicat. Bambu yang catnya sudah kering dibawa ke lokasi pemasangan yang telah ditentukan. Pagarnya rangkap dua dengan jarak sekitar satu meter. Setelah itu jarak antara kedua pagar tersebut diisi dengan belukar yang difungsikan untuk menahan sedimen,” tandasnya. (rtw)

TRENDING :  Besok, Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis di Kudus Dimulai
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post