Ibu-ibu Ini Ciptakan Aneka Kuliner Dari Hama Padi

by
isknews

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Selama ini keong menjadi musuh bagi petani padi, pasalnya hama ini sering menyerang tanaman padi muda. Alhasil, sawah petani menjadi rusak dan panen pun berkurang drastis. Melihat hal tersebut, ibu-ibu rumah tangga Desa Selorejo, Kecamatan Gembong, Pati, berinovasi memanfaatkan keong menjadi makanan olahan yang bernilai jual tinggi.

TRENDING :  Hari Pertama Operasi Zebra Digelar, Ratusan Motor Di Pati Kena Tilang

“Oleh masyarakat, sebelumnya keong hanya diolah menjadi sate keong saja. Tapi, kami ingin memanfaatkan keong lebih dari itu, yakni sebagai bahan baku kuliner lainnya,” jelas Ketua Kelompok Tani Wanita Putri Sela, Khoridatul Bahiyah, Selasa (09/05/2017).

isknews

Apalagi, bagi sebagian orang berkeyakinan bahwa hama keong dapat meningkatkan stamina bagi pria. Lanjut Bahiyah, bahan baku keong dapat dengan mudah mereka manfaatkan, karena banyak ditemui di pinggir Waduk Seloromo.

TRENDING :  Lagi Asyik di Kamar Kos, Tiga Pasangan Tak Resmi Diamankan

“Sementara ini kami menjadikannya sebagai bahan baku kuliner abon, keripik, kerupuk, peyek, dan sebagainya. Dengan begini, ekonomi ibu-ibu rumah tangga juga akan terangkat dengan turut memproduksi olahan keong,” tuturnya.

TRENDING :  Kualitas Buruk Harga Janur Melambung

Imbuh Bahiyah, dalam mengolah makanan ini pihaknya mengaku tidak menggunakan bahan-bahan kimia semisal pengawet, perasa, pemanis dan bahan pengawet. Sehingga, selain nikmat saat dikonsumsi kuliner ini pun aman bagi tubuh.

KOMENTAR SEDULUR ISK :