Inflasi Di Kudus Bulan Ini Lebih Tinggi Dari Sebelumnya, Berikut Penyebabnya…

Kudus, ISKNEWS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus mencatat inflasi pada November 2016 sebesar 0,67 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 130,81. Jauh lebih tinggi bila dibandingkan bulan Oktober 2016 yang mengalami inflasi sebesar 0,19 persen dengan IHK 129,94.

(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

(ISKNEWS/YULIADI MUHAMMAD)

Menurut Kepala BPS Kudus Sapto Harjuli Wahyu terjadinya inflasi disebabkan adanya kenaikan harga, yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok pengeluaran. Di antaranya kelompok bahan makanan 2,09 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,32 persen.

Baca Juga :  Harga Rokok Naik Mulai 1 Januari 2017

Kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,33 persen. Kelompok kesehatan 0,16 persen. Dan kelompok transport, komunikasi, dan jasa sebesar 0,22 persen. ”Itu beberapa kelompok yang memberikan sumbagan inflasi pada bulan November 2016,” ujar Sapto kepada ISKNEWS.COM.

Dia melanjutkan, untuk komoditas yang memberikam sumbangan terbesar terjadinya inflasi yakni banwang merah, cabai rawit, pasir, cabai merah, beras, dan rokok kretek. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?