Ini Dia! Kuliner Asli Kudus Yang Akan Dihidangkan Untuk Tamu Pentas Seni di TMII

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Kuliner Asli Kudus, Soto Kerbau

Kudus, isknews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, dalam lawatanya ke Jakarta, mengisi acara pentas seni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), akan membawa serta makanan khas Kabupaten Kudus, yakni Soto Kerbau, Nasi Pindang dan Gempol Pleret. Kuliner asli Kota Kretek itu akan dihidangkan untuk jamuan para tamu yang datang menyaksikan drama tari “Pesona Menara Kudus”, di Anjungan Provinsi Jawa Tengah TMII, pada 3 Desember 2017 mendatang.

Kepala Disbudpar Kabupaten Kudus, Yuli Kasiyanto, melalui Kabid Pariwisata, Sri Wahjuningsih, yang dihubungi isknews.com, Rabu (29/11/17), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, membawa kuliner asli Kota Kudus, dalam pentas kesenian di TMII, meskipun bukan merupakan keharusan, namun diupayakan sebagai bagian dari promosi, khususnya bagi para tamu yang hadir meramaikan pentas kesenian di TMII itu. “Pengunjung yang datang, akan mencari-cari atau menanyakan kepada kami, kalau kami tidak membawa makanan khas Kota Kudus.”

ISKNEWS.COM
Foto: Kuliner Asli Kudus, Nasi Pindang

Kenapa yang dipilih Soto Kerbau? Karena Soto Kerbau belum banyak dikenal di luar Kabupaten Kudus, termasuk di Jakarta. Warung-warung yang bertebaran di kota-kota besar, baik di Provinsi Jawa Barat dan Jakarta, lebih banyak menjual Soto Ayam, sehingga masyarakat tahunya di Kudus hanya ada Soto Ayam. “Padahal Soto Kerbau juga tidak kalah lezat, makanan ini juga sudah dikenal luas sampai di luar Kota Kudus.”

ISKNEWS.COM
Foto: Kuliner khas Kudus, Gempol Pleret

Sedangkan Nasi Pindang, lanjutnya, makanan ini hanya ada di Kudus. Sehingga para pendatang dari luar kota, akan menyempatkan mencari makanan ini, baik di warung-warung nasi pindang yang sudah terkenal, atau di pusat kuliner Taman Bojana. Begitu pula dengan Gempol Pleret, minuman segar asli dari Kudus ini, juga banyak digemari oleh warga masyarakat Kudus.

“Di TMII nanti, kami akan menyediakan sebanyak 300 porsi untuk masing-masing jenis kuliner, karena pentas drama tari di TMII pada 3 Desember 2017 itu, akan dihadiri sekitar 200 orang pengunjung,” jelas Kabid Pariwisata Disbudpar Kapupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Penyebab Demam Dengue