Ini Dia, Pemenang Festival Teater Pelajar 2016 SMP – SMA se-Kabupaten Kudus

Ini Dia, Pemenang Festival Teater Pelajar 2016 SMP – SMA se-Kabupaten Kudus

Kudus, Isknews.com – Festival Teater Pelajar (FTP) se-Kabupaten Kudus tingkat SMP dan SMA yang digelar pada tanggal 19-20 November 2016 di GOR Djarum Kaliputu, Kudus telah usai digelar.

Teater yang didukung sepenuhnya oleh Bakti Budaya Djarum Foundation itu bertujuan untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah dan malam ini adalah babak final dari penyelenggaraan Festival Teater Pelajar (FTP) yang di ikuti 9 finalis, Untuk tingkat SMP, antara lain: Teater Ukur – MTs NU Maslakul Falah dengan naskah Baru Klinting, Teater NSA – SMP 3 Satu Atap Gebog dengan The Legend of Malin Kundang, Teater Espero – SMP 2 Kudus dengan Jaka Tarub.

Penampilan juara terbaik 3, Festival Teater pelajar 2016 oleh Teater Jangkar Bumi dari MA Qudsiyyah dengan Naskah Ngaluamah
Penampilan juara terbaik 3, Festival Teater pelajar 2016 oleh Teater Jangkar Bumi dari MA Qudsiyyah dengan Naskah Ngaluamah

Sementara di tingkat SMA, finalisnya adalah: Teater Studio One – SMA 1 Kudus dengan Calon Arang, Teater Ganesha – SMA 2 Kudus menampilkan Timun Mas, Teater Sate Madu – MAN 2 Kudus dengan Mbako Melayang, Teater Jangkar Bumi – MA Qudsiyyah dengan naskah Ngaluamah, Teater X-Miffa – SMK NU Miftahul Falah yang menampilkan Ande Ande Lumut dan Teater Apotek – SMK Duta Karya dengan naskah Selat Pemisah.

Para finalis di nilai oleh 3 dewan juri dengan seleksi sangat ketat, satu diantaranya adalah seorang Pemain film, Aktor panggung dan juga sutradara yaitu Sha Ine Febriyanti, dua juri lainnya, diantaranya Agus “Kriwil” Syarofuddin, Aktor Teater Kudus dan Gunawan “Cindhil” maryanto, Awak teater Garasi Yogyakarta.

Pemenang Kategori Perorangan tingkat SMP, Penata Artistik terbaik tingkat SMP, diraih oleh Sugiyono dari Teater SNA SMP 3 Satu Atap Gebog dengan Naskah The Legend of Malin Kundang. Aktris Pembantu Terbaik diraih oleh Nurul dari SMP 3 Satu Atap Gebog. Aktor pembantu terbaik diraih oleh muhammad Reksa Teater Espero SMP 2 Kudus, memerankan tokoh dalang. Aktris Utama terbaik diraih oleh Wahyu ningtiyas SMP 3 Satu Atap Gebog, memerankan tokoh bundo. Aktor utama, diraih oleh khorul Anam dari SMP 3 Satu Atap Gebog. Sutradara terbaik diraih oleh , Sugiarto SMP 3 Satu Atap Gebog.

Juara Kelompok tingkat SMP dan SMA saat Foto bersama dengan para juri dan Crew Teater Djarum
Juara Kelompok Teater tingkat SMP dan SMA saat Foto bersama dengan para juri dan Crew Teater Djarum

Pemenang Kategori Perorangan tingkat SMA, Penata artistik terbaik, diraih oleh M.Fadli mubarok Teater Apotek SMK Duta Karya. Aktris pembantu terbaik, diraih oleh Shela dari Teater X-Miffa (SMK Miftahul falah). Aktor pembantu terbaik, diraih oleh Dwi Aji Teater Apotek SMK Duta Karya. Aktris utama terbaik, diraih oleh Bela kusuma Teater Studio One SMA 1 Kudus. Aktor utama terbaik, diraih oleh Arjuna dari Teater Apotek SMK Duta Karya. Sutradara Terbaik, diraih oleh Yasir dari Studio One SMA 1 Kudus.

Juara Kelompok tingkat SMP
Terbaik 3, diraih oleh Teater Mts NU Maslakul Falah.
Terbaik 2, diraih oleh Teater Espero SMP 2 Kudus
Terbaik 1, diraih oleh Teater SMP 3 Satu Atap

Juara Kelompok tingkat SMA
Terbaik 3, diraih oleh Teater Jangkar Bumi MA Qudsiyyah.
Terbaik 2, diraih oleh Teater Studio One SMA 1 Kudus
Terbaik 1, diraih oleh Teater Apotek SMK Duta Karya

“Dalam festival teater pelajar tahun ini ada kategori baru yaitu Teater Terfavorit tingkat SMP dan SMA versi panitia, kata bang Asa Jatmiko dalam sambutannya di hadapan audiens. “Kategori ini meliputi tidak memperlambat administrasi, panitia dalam mengelola managemen nya dan kelompok yang minimal memiliki niatan untuk berteater dengan baik.”terangnya

Penampilan Teater X - Miffa dari SMK NU Miftahul Falah dengan Naskah Ande Ande Lumut
Penampilan Teater X – Miffa dari SMK NU Miftahul Falah dengan Naskah Ande Ande Lumut

Adapun pemenang festival teater pelajar terfavorit Tingkat SMP, diraih oleh SMP 3 Satu Atap, sedangkan Tingkat SMA, diraih oleh SMK NU Miftahul Falah.

Meski begitu, Ine Febriyanti dalam sambutannya sebelum pengumuman pemenang, “Jika Kalah dan menang itu tidak penting, karena kalian semua sudah menjadi pemenang, tapi ingat yang menang jangan besar kepala, karena terus berproses, dan yang kalah jangan putus asa karena harus terus berproses juga.”terangnya. (AS)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post