Ini Dokumen Penting, Ayo Jangan Terlambat Urus Akta Kelahiran Anak

oleh

Kudus, isknews.com – Sebagian orang mungkin tadinya mnganggap sepele untuk membuat akte kelahiran anak, ah nanti saja, atau kapan-kapan saja kalu sempat, namun begitu anak mau masuk sekolah dan mensyaratkan kelengkapan akte kelahiran baru mereka tergopoh-gopoh membuat akte penting tersebut.

Akta kelahiran adalah dokumen kependudukan yang sangat penting dimiliki warga negara. Sayangnya, banyak juga yang cenderung kurang peduli akan manfaat akta kelahiran.

Tidak mengherankan jika kemudian banyak yang terlambat memiliki akta kelahiran. Atau kemudian mengurusnya saat diperlukan. Padahal, ada denda dan ketentuan yang harus dipenuhi jika telat memiliki akta kelahiran.

TRENDING :  Disdukcapil Luncurkan Program Baru Mudahkan Pembuatan Akta Kelahiran

”Misalnya saja ketika sudah dewasa baru menyadari jika akta kelahiran sangat penting untuk urusan yang mereka lakukan. Baru kemudian buru-buru bikin. Banyak yang seperti itu,” jelas Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Disdukcapil Kudus Titit Sri Harjanti.

Padahal, keterlambatan itu berkonsekuensi menimbulkan denda. Termasuk juga jika sudah melampaui usia 0-18, maka prosesnya harus terlebih dahulu melalui persidangan di pengadilan.

”Aturannya, keterlambatan membuat akta kelahiran itu paling lambat dua bulan dari tanggal kelahiran. Jika lewat dari itu, maka akan dikenakan denda. Meski dendanya tidak besar, tapi alangkah baiknya segera diurus,” katanya.

TRENDING :  Tahu Enggak, Ada Desa yang Berasal Dari Nama Daun di Kudus

Titit menjelaskan, proses pembuatan akta kelahiran sendiri sangat mudah. Bisa melalui aplikasi Disdukcapil yang sudah ada, ataupun lewat grup WhatsApp yang sudah dibuat antara dinas dan camat serta kepala desa.

Mudahnya proses pembuatan yang ada, memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

TRENDING :  Disini Titik 0 KM Kabupaten Kudus

Karena itu, Titit mengimbau kepada seluruh warga di atas umur 0-5 tahun yang belum mempunyai akta kelahiran diharapkan segera membuat akta kelahiran. ”Karena akta kelahiran sangat diperlukan untuk keperluan kependudukan, sekolah, dan tentu urusan melamar pekerjaan,” imbuhnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :