Ini Wujud Toleransi Antar Umat Beragama Saat Lebaran Tiba

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Toleransi antar umat beragama harus di pertahankan sebagai wujud semarak kebinekaan di Indonesia. Hal itu terwujud saat pemeluk salah satu agama saling mengunjungi ke rumah tetangga pemeluk agama lain.

Seperti yang terlihat di rumah Sukrisno, Jemaat GITJ (Gereja Injil Tanah Jawa) Dukuh Karangsubur Desa Klaling, Kecamatan Jekulo belum lama ini.

Ia setiap lebaran biasanya menyajikan hidangan alakadarnya untuk menyambut tetangga yang hadir, terutama bagi umat muslim. “Kami setiap lebaran memang sedia sajian di meja ruang tamu, jika ada yang datang berkunjung,” jelasnya.

TRENDING :  Kirab Budaya Haul Ke-40 Sunan Prawoto

Selain Sukrisno, ada juga warga Kudus Kota, Pendeta Abed nego wigati, lalu Sri Muryani warga Prambatan Guru Agama Katolik di Kudus.

Tamu berlebaran dari umat muslim juga datang di rumah Thomas Arjak, seorang Jemaat Katolik Desa Tanjung Rejo Jekulo dan Romo Pandita Budis, Suparno warga Desa Kutuk Undaan.

TRENDING :  Enam Putra Terbaik Kudus Ikut Andil Wakili Jateng di FASI ke-10 Tingkat Nasional

Mereka beranggapan, “Hidup berdampingan dengan beda agama tidak membuat resah, justru dengan perbedaan ini, membuat kami menghargai perbedaan dengan saling tolong menolong dan hidup bersosial,” ujarnya.

TRENDING :  Bagikan Ifthar Gratis Lebih Dari 700 Porsi, Masjid Ini Jadi Serbuan Kaum Muslimin

KOMENTAR SEDULUR ISK :