Inilah Empat Versi Asal Usul Desa Padurenan

by
Foto: Makam Raden Muchammad Syarif, tokoh cikal bakal Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Selasa (27-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Jika berbicara mengenai asal usul suatu daerah pasti akan dihadapkan pada beberapa versi yang beredar di tengah masyarakat. Sebagaimana Desa satu ini yang memiliki empat versi mengenai sejarah asal usul daerahnya.

Desa Padurenan namanya. Banyak orang menyebutkan bahwa nama Desa yang terletak di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, menurut sejarah diambil dari kisah perjalanan Mbah Raden Muchammad Syarif selaku cikal bakal daerah tersebut.

TRENDING :  Aset PD. Bank Pasar Kudus Alami Pertumbuhan 26,25 Persen

Menurut ulama Desa Padurenan, Aminudin Mawardi, bahwa pada abad 16, daerah tersebut hidup seorang mubaligh asal Bakalan Madura yang bernama Raden Muhammad Syarif. Pada masa itu, daerah tersebut banyak ditumbuhi oleh pohon durian. Dari sana, nama padurenan muncul.

Aminudin juga mengungkapkan versi lain yang menyebutkan bahwa nama padurenan diambil dari kata Madura – Madurenan – Padurenan. Kata Madura diambil karena mubaligh yang memiliki jasa besar mengislamkan daerah tersebut berasal dari Madura.

TRENDING :  Buka Hingga Malam, Perpusda Dongkrak Tingkat Kunjungan dan Minat Baca Masyarakat

Versi selanjutnya menyebutkan, jika pada masa Raden Muchammad Syarif, daerah tersebut dijadikan sebagai pusat penyebaran agama Islam di daerah Kudus bagian utara. Tidak hanya mengkaji ilmu agama, Raden Muhammad Syarif juga berperan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang berkembang di masyarakat.

TRENDING :  Mayor HM Basuno, Siapakah Dia?
KOMENTAR SEDULUR ISK :