Inilah Hutan Kota Favorit di Kabupaten Kudus

oleh
Hutan Kota di Kudus

Kudus, ISKNEWS.COM – Hutan kota merupakan sebuah area yang bertujuan untuk kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial dan budaya.

Selain tujuan diatas, hutan kota juga memiliki tujuan lain, yaitu menekan/mengurangi peningkatan suhu udara di perkotaan, menekan/mengurangi pencemaran udara (kadar karbonmonoksida, ozon, karbondioksida, oksida nitrogen, belerang dan debu), mencegah terjadinya penurunan air tanah dan permukaan tanah, dan mencegah terjadinya banjir atau genangan, kekeringan, intrusi air laut, meningkatnya kandungan logam berat dalam air.

Hutan kota tumbuh dan dibangun pada areal kota, tetapi bisa juga dibangun pada pinggiran kota. Areal perkotaan perlu dicadangkan untuk pembangunan hutan kota yang sengaja dibuat untuk memperbaiki dan memelihara lingkungan kota. Hutan kota penting untuk keseimbangan ekologi manusia dalam berbagai hal seperti, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, kehidupan satwa dalam kota dan juga sebagai tempat rekreasi. Hutan kota bisa mengurangi dampak cuaca yang tidak bersahabat seperti mengurangi kecepatan angin, mengurangi banjir, memberi keteduhan. Juga memberikan efek pengurangan pemanasan global.

TRENDING :  Panwaskab Kudus Laporkan Oknum Kepala Desa Yang Ikut Kampanye Pilkada

Di Kudus sendiri mempunyai beberapa Hutan Kota yang menjadi favorit masyarakat Kudus. Hutan Kota tersebut sekarang sudah diubah menjadi taman kota, yang bertujuan untuk memperindah tempat, dan bisa dijadikan destinasi wisata murah meriah bagi masyarakat Kudus.

TRENDING :  Taman Di Hutan Kota Tanggulangin Pusat Keramaian Kedua Setelah Simpang Tujuh

Hutan kota yang menjadi taman kota di Kudus, terletak di sudut-sudut daerah, dari daerah selatan kota Kudus, sampai ke sebelah timut Kota Kudus. Taman-taman yang dulunya hutan kota mempunyai ciri khas masing-masing. Seperti lampu taman, nama taman dan juga desain dari taman yang membuat masyarakat terutama anak-anak muda tertarik untuk mengunjungi taman tersebut.

Berikut beberapa hutan kota yang sudah menjadi taman kota, yang menjadi favorit masyarakat Kudus.

1.Hutan Kota Tanggulangin Jati Wetan Jati Kudus.
Sekarang lebih terkenal dengan nama Taman Kota / Hutan Kota Tanggilangin

2.Hutan Kota Rendeng Kudus
Sekarang lebih dikenal dengan nama Taman Lalu Lintas. Setelah beberapa waktu yang lalu diresmikan oleh Polres Kudus.

TRENDING :  Targetkan Gondol 5 Emas, PAMI Kudus Kirim 36 Atlet Pada Kejurnas Di Solo

3.Hutan Kota Jekulo Kudus
Daerah Hutan Kota paling Timur ini sekarang bernama Taman Bumi Wangi, yang merupakan taman favorit warga sekitar, terutama warga Jekulo.

4.Hutan Kota Gundang Manis Bae Kudus
Ini merupakan tempat favorit bagi siswa-siswi disekitar taman. Hutan Kota Gondang Manis ini sekarang lebih dikenal dengan Taman Gondang Manis.

KOMENTAR SEDULUR ISK :