Inilah Keunikan Kapal Otok-otok

by
ISKNEWS.COM
Kapal otok-otok di Dandhangan Kudus, Senin (14-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Menjamurnya mainan modern, ternyata tidak sepenuhnya memudarkan minat masyarakat terhadap mainan tradisional. Sampai saat ini, beberapa mainan tradisional masih tetap bertahan dan eksis di masyarakat. Salah satunya adalah kapal otok-otok.

Mainan tradisional yang berasal dari Cirebon ini, mampu membuktikan bahwa kualitasnya tidak kalah dengan mainan modern yang ada di pasaran. Dengan segala keunikan yang dimiliki, kapal otok-otok bisa mempertahankan eksistensi dan popularitasnya di tengah masyarakat.

“Keunikan dari mainan tradisional yakni memiliki bentuk yang sederhana, tetapi begitu khas. Keunikan inilah yang mencuri hati masyarakat dan membuat mainan ini terus dicari,” ujar Eko Prasetyo, penjual kapal otok-otok di Dandhangan, Kudus.

TRENDING :  Kembang Tahu Asal Kudus Rambah Jakarta

Menurut pria 25 tahun ini, keunikan dari kapal otok-otok terletak dari suaranya. Suaranya yang khas bahkan sulit untuk diduplikasi oleh sejumlah orang. Diungkapkanya, di Cirebon pengrajin kapal otok-otok hanya dari satu keluarga.

TRENDING :  Hardiknas, Pemkab Kudus Beri Penghargaan Pelajar Berprestasi
ISKNEWS.COM
Kapal otok-otok di Dandhangan Kudus, Senin (14-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

“Pengrajin kapal otok-otok ini berasal dari satu keluarga atau marga, yang kemudian diwariskan secara turun temurun. Dahulu pernah ada sejumlah orang ingin membuat kapal otok-otok. Namun tidak ada yang berhasil membuat sama persis seperti itu,” kata Eko, Senin (14-05-2018).

TRENDING :  Konferensi MWC NU Jati, Rois Syuriyah Terpilih KH. Zaenal Afroni, Ketua Tanfidziyah H.M Subhan

KOMENTAR SEDULUR ISK :