Inilah Titik Lokasi Pelaksanaan Pengamatan Hilal Ramadlan 1436H di Jawa Tengah Dan Yogyakarta

by

Semarang, isknews.com – Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadlan 1436H pada Selasa (16/06) besok. Melalui mekanisme sidang itsbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan dimulainya puasa bagi umat Islam atau awal Ramadlan.

Sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadlan 1436H. Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia. “Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,”  terang Dirjen Bimas Islam Machasin, Senin (15/06).

Kementerian Agama menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadlan 1436H di beberapa lokasi di seluruh provinsi Indonesia. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bimas Islam, berikut ini daftar lokasi rukyat awal Ramadlan 1436H yang telah ditetapkan untuk Lokasi di Pengamatan di Seluruh Indonesia, sedangkan lokasi – lokasi di Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta adalah sebagai berikut :

TRENDING :  Cerita Kades Gribig Tentang Larangan Buang Sampah di Sungai
KOMENTAR SEDULUR ISK :