Inovasi Perbaikan Program Eliminasi TB di Kabupaten Kudus

by
Foto: Forum Group Discussion Eliminasi TB Kabupaten Kudus tahun 2030, Rabu (09-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sampai saat ini, penyakit Tuberkolosis (TB) masih menjadi sebuah permasalahan kesehatan di berbagai belahan dunia yang belum terpecahkan. Hal ini menggugah kesadaran berbagai pihak untuk berkontribusi dalam melakukan tindakan eliminasi TB.

“TB merupakan suatu permasalahan yang kompleks. Untuk menyelesaikannya, perlu adanya sebuah kerjasama yang sinergi antar berbagai sektor untuk bersama-sama mengeliminasi penyakit TB di Kabupaten Kudus,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, Ahmad Syaifuddin, Rabu (09-05-2018).

TRENDING :  Ini Info Lengkap Perkembangan Banjir di Kudus

Dalam kegiatan Forum Group Discussion Eliminasi TB Kabupaten Kudus tahun 2030, beberapa pihak mengkritisi dan menyampaikan inovasinya terkait program penanggulangan TB yang ada.

dr. Mudzakir yang menjadi salah satu peserta kegiatan tersebut, menyampaikan untuk menanggulangi TB di Kabupaten Kudus diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana yang mendukung. Dengan begitu orang yang diduga menderita TB atau suspek TB dapat terdeteksi dengan baik.

TRENDING :  Janjikan Rp 2,5 Miliar, Dukun Pengganda Uang Gondol Puluhan Juta Dari Warga Kudus

“Di sisi lain, diperlukan sebuah trobosan untuk melakukan pemeriksaan TB ditempat kerja, utamanya adalah perusahaan rokok. Karena perusahaan merupakan sebuah tempat potensial untuk penularan penyakit TB. Misalnya, ada seorang pekerja yang menderita TB batuk di tempat kerja, maka lingkungannya akan berpotensi tertular TB,” jelasnya.

TRENDING :  FINAL DIVISI I : Adu Kuat Kandidat Juara Vs Kuda Hitam
KOMENTAR SEDULUR ISK :