Inseminator Rembang Juara Nasional

oleh
ISKNEWS.COM

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Kabupaten Rembang kembali mengukir prestasi di tingkat nasional tahun 2017. Salah satu inseminator IB dari wilayah kerja Sarang satu, Budiono terpilih menjadi juara I Inseminator Swadaya terbaik nasional tahun 2017, selain itu Kelompok Tani Ternak Margomulyo juga berhasil menjadi KTT kambing berprestasi tingkat nasional.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam kegiatan Jambore Peternakan di Cibubur, Minggu (24/9/2017). Dalam jambore tersebut juga dihadiri Presiden Jokowi dan para Menteri lainnya.

TRENDING :  Karasgede Kembangkan Usaha Sari Kedelai

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Suratmin saat ditemui di kantornya, Senin (25/9/2017) mengatakan beberapa poin yang membuat Budiono berhasil menjadi juara 1 diantaranya Budiono berhasil menggerakkan para peternak untuk mengikuti program inseminasi buatan. Selanjutnya tingkat keberhasilan IB di wilayah Sarang 1 juga tinggi.

ISKNEWS.COM

“Tingkat keberhasilan IB sapi yang di IB juga tinggi sekitar 80 persen. Selain itu tingkat kelahiran juga tinggi dan kesehatan sapi di wilayah kerjanya juga baik, terhindar dari penyakit ternak yang berbahaya,” ujarnya.

TRENDING :  Wayang Kulit dan Gareng Didatangkan Untuk Hibur Warga

Sedangkan upaya Dintanpan terus mendorong inseminator yang ada di wilayah kabupaten Rembang terus meningkatkan ketrampilan. Dengan tingkat keberhasilan IB yang tinggi maka otomatis akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan diikuti adanya penambahan akseptor.

Sementara itu terkait prestasi Kelompok Tani Ternak Kambing Etawa Margomulyo Kecamatan Sulang pimpinan Ragil Bambang Sumantri sebagai KTT kambing berprestasi tingkat nasional ini disebabkan karena mereka selain beternak juga telah mengembangkan usaha ke pengolahan susu. Di sana susu kambing diolah menjadi berbagai produk bernilai ekonomi tinggi seperti susu berbagai rasa dan sabun termasuk makanan.

“Mereka selain memiliki ternak juga sudah mengembangkan olahan susunya. Diolah menjadi sabun dan makanan,” tandasnya. (Mcs)

TRENDING :  Metode Flash Cutter Saat Khitan Banyak Diminati

KOMENTAR SEDULUR ISK :