Intensitas Hujan Tinggi, Hari Ini Ribuan Cacing Muncul Ke Permukaan Tanah

by

Kudus, isknews.com – Fenomena munculnya cacing tanah ke permukaan, terjadi pagi ini, seperti yang terjadi di Halaman rumah Mukhlisin (25), warga Desa Sadang Jekulo Kudus, sempat menyampaikan ke media ini bahwa ada fenomena aneh di halaman sekitar kediamannya (7/5), “Tiba-tiba pagi ini sepertinya ada ribuan cacing tanah yang keluar dari liangnya di halaman rumah saya, ada fenomena apa ini mas?” ujarnya.

TRENDING :  Kudus Krisis Air Bersih Tahun 2032?

Achmad Taufiq pakar agronomi dari Komunitas Bengkel Bumi Kudus, yang di hubungi di kantornya di bilangan Mlati Kidul Kudus, mengungkapkan, banyaknya Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) yang keluar dari dalam tanah di sejumlah tempat di wilayah Kudus menurutnya karena guyuran hujan lebat dalam intensitas yang tinggi pada hari sebelumnya (6/5).

Achmad Taufiq, aktifis penggerak pertanian organik  yang juga  Ketua Asosiasi Wirausaha Sosial Online Indonesia di Kudus (Aswirosani)  selanjutnya mengatakan, “intensitas hujan yang cukup lebat menjadikan banyak air masuk (terserap) ke dalam tanah. Kondisi tersebut yang memungkinkan keluarnya cacing dari dalam tanah, seperti halnya keluarnya laron setelah hujan. Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat agar tidak mudah mempercayai adanya isu-isu akan terjadinya bencana akibat fenomena ini.” katanya.

TRENDING :  AKIBAT ANGIN KENCANG SEBUAH POHON TUMBANG MENIMPA SEPEDA MOTOR
KOMENTAR SEDULUR ISK :