Jalan Dibangun Akses Ke Masjid Menara Kudus Tertutup Untuk Becak Wisata

Jalan Dibangun Akses Ke Masjid Menara Kudus Tertutup Untuk Becak Wisata

Kudus, isknews.com – Akses menuju Masjid Menara Kudus, tertutup untuk becak wisata. Penutupan itu terkait dengan pembangunan Jalan Menara Kudus dan Jalan Madurekso. Proyek yang pengadaannya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus itu, adalah peningkatan jalan dengan membongkar total paving yang terpasang di kedua ruas jalan itu, selanjutnya akan diganti dengan keramik bermotif dari bahan granit,

Pemantaun isknews.com di lokasi proyek, Rabu (03/05), penutupan akses menuju Masjid Menara itu diberlakukan di tiga arah jalan masuk ke masjid tersebut, yakni di ujung Jalan Madurekso, di pertigaan Jalan Sunan Kudus, depan klenteng, perempatan Jalan Sunan Kudus di sebelah selatan, serta perempatan Sucen di sebelah utara.
Akibat penutupan itu, becak wisata baik dari Masjid Menara maupun dari Terminal Bakalan Krapyak (TBK), yang biasanya melewati Jalan Madurekso dan Jalan Menara, diarahkan melewati Jalan Sunan Kudus dan perempatan Jember. Sehingga arus lalu lintas di ruas jalan itu pun nyaris macet.

Berdasarkan data di papan proyek yang terpasang di lokasi, OPD selaku pelaksana pengadaan adalah Dinas PUPR Kabupaten Kudus, kegiatannya pembangunan jalan, jenis pekerjaan pembangunan Jalan Menara dan Madurekso, Kabupaten Kudus, anggaran atau beaya Rp 9.817.608.000. Untuk pelaksanaan pekerjaan 180 hari kalender, mulai 17 April 2017. Bertindak sebagai Penyedia jasa PT Putra Mas Indah Baroe, Semarang, Kemitraan/KSO PT Kokoh Prima Perkasa Kudus. Pada bagian bawah papan proyek, tertera tulisan : Kerjasama Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Jawa Tengah.

Seperti diberitakan di isknews.com, anggaran proyek peningkatan jalan di lingkungan Masjid Menara Kudus, meningkat dari yang semula direncanakan Rp 5 miliar, naik menjadi sebesar Rp 10 miliar. Membengkaknya anggaran itu disebabkan adanya penambahan volume pekerjaan, dari yang semula penggantian paving dengan granit pada jalan di depan Masjid Menara, nantinya akan ditambah dengan peningkatan Jalan Madurekso dan dipercantik dengan gapura sebanyak tiga buah.

Menurut Kepala Bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Kudus, Hari Wibowo, gapura itu akan didirikan di tiga tempat di mulut jalan masuk menuju Masjid Menara Kudus, masing-masing di arah selatan di perempatan Jalan Sunan Kudus, dari arah utara di perempatan Sucen, serta dari arah timur di pertigaan depan klenteng. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Jalan Diperbaiki Arus Lalu Lintas Kudus - Jepara di Jalan Lingkar Tenggara Tersendat

Share This Post

Post Comment

*