Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah dan Galang Dana Untuk Lombok

oleh
Pelepasan peserta jalan sehat Desa Pasuruhan Kidul oleh Camat Jati,Minggu (26-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Jalan sehat yang digelar oleh Pemerintah Desa Pasuruhan Kidul pada Minggu (26-08-2018), tergolong unik dan menarik. Kegiatan yang menjadi bagian perayaan HUT RI Ke-73 ini, merangkul masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan peduli dengan saudara kita yang menjadi korban gempa Lombok.

Dimulai pukul 06.30 dengan lokasi start di Balai Desa Pasuruhan Kidul, ribuan warga berjalan menyusuri rute yang telah ditentukan setelah dilepas secara simbolis oleh Camat Jati, Andreas Wahyu. Sembari berjalan, anak-anak Desa Pasuruhan Kidul juga memunguti sampah plastik yang ditemukannya disepanjang rute dan dikumpulkannya dalam sebuah kantng plastik berwarna merah.

Anak-anak peserta jalan sehat yang membawa kantung palstik berisikan sampah hasil pungutan disepanjang rute, Minggu (26-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Sesampainya di perempatan RW IV, peserta jalan sehat disambut oleh sejumlah panitia yang membawa kotak bertuliskan Peduli Gempa Lombok. Secara spontan, para peserta jalan sehat menyisihkan sedikit uang yang mereka miliki dan memasukannya ke kotak yang telah disediakan.

TRENDING :  Desa Ploso adakan lomba berhadiah kambing.

Setelah berdonasi, peserta jalan sehat meneruskan langkahnya menuju finish yang berada di Balai Desa Pasuruhan Kidul. Di tempat finish, para peserta mengumpulkan plastik kresek yang berisi sampah dan menukarkannya dengan kupon doorprice. Sedangkan sampah-sampah yang terkumpul, dimasukan ke dalam bak sampah untuk diteruskan ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di desa itu.

Kepala Desa Pasuruhan Kidul, Sunarto, menjelaskan perayaan HUT RI di desanya memang dikemas berbeda, lebih menarik dan edukatif. Rangkaian kegiatan berlangsung sejak tanggal 13 Agustus 2018 itu, diisi dengan lomba olahraga seperti, voli, catur dan lari 4 kilometer serta lomba kebersihan tingkat RT.

TRENDING :  Gratis, Inilah Para Artis Yang Akan Jadi Bintang Tamu Karnaval Inbox SCTV Di Kudus

“Hari ini adalah puncak dari serangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke 73 yang diisi dengan jalan sehat, memungut sampah dan menggalang dana untuk korban Lombok. Melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan desa. Selain itu, kami juga menggugah kepedulian masyarakat, untuk bersama-sama membantu saudara kita yang menjadi korban gempa Lombok,” terangnya.

Sunarto tengah menyisihkan rezekinya untuk korban gempa Lombok, Minggu (26-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Terkait dana donasi hari ini, Sunarto mengatakan jika dana yang terkumpul pada hari ini nantinya akan dihitung dan disalurkan secara langsung melalui rekening. Dari donasi tersebut, diharapkan dapat membantu meringankan beban saudara-saudara di Lombok.

TRENDING :  Dukung World Clean Up Day, Marzuqi Ajak Masyarakat Pungut Sampah

Camat Jati, Andreas Wahyu yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku kegiatan jalan sehat yang diadakan oleh Pemerihantah Desa Pasuruhan Kidul itu sangat bagus. Pasalnya, sampah selama ini menjadi masalah utama di kawasan perkotaan.

“Dari kegiatan ini, masyarakat bisa termotivasi untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan memungut sampah yang ada disekitar kita. Lalu kegiatan penggalangan dana untuk korban gempa Lombok juga sangat bagus dan semoga dapat memotivasi daerah-daerah lain untuk melakukan hal yang sama,” tutupnya. (NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :