Jangan Lewatkan, Besok Diperkirakan Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Jangan Lewatkan, Besok Diperkirakan Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Kudus, isknes.com – Fenomena alam memang selalu menarik untuk disaksikan, seperti fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi beberapa bulan lalu. Kali ini tidak kalah menarik dengan fenomena tersebut, dilansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis, 1 September 2016 besok diperkirakan terjadi gerhana matahari cincin (GMC). Berdasarkan informasi BMKG fenomena GMC dapat disaksikan di 10 Provinsi di Indonesia termasuk salah satunya Jawa Tengah.

istimewa
istimewa

Alur GMC seperti yang tertulis dalam siaran pers bmkg.go.id akan melewati Samudra Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia. Sedangkan di Indonesia sendiri GMC dapat dinikmati berupa gerhana matahari sebagian pada sore hari sebelum terbenamnya matahari. Daerah yang dapat dilalui di antaranya Kep. Mentawai, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta,  dan Jawa Timur bagian barat.

BACA JUGA :  Pekerja Laundri Kabur Setelah Di Seterika Perutnya Oleh Majikan

Perlu diketahui gerhana matahari merupakan peristiwa ketika terhalanginya cahay matahari oleh bulan, sehingga tidak semua cahaya matahari sampai di bumi. Fenomen gerhana di Indonesia sendiri pada tahun 2016 diperkirakan terjadi sebanyak lima kali. Diawali GMT 9 Maret, gerhana bulan penumbra (GBP) 23 Maret, GBP 18 Agustus, kemudian disusul besok GMC 1 September dan GBP 16-17 September yang akan datang.

bmkg
bmkg

GMC yang diperkirakan terjadi besok sore atau di Indonesia bisa dinikmati sebagai gerhana matahari sebagian dimulai saat kontak pertama terjadi, yaitu ketika piringan Bulan, yang ditampilkan berupa lingkaran putih dengan garis putus-putus, mulai menutupi piringan Matahari, yang ditampilkan berupa lingkaran berwarna kuning.

Karena GMC terjadi pada sore hari masyarakat hanya bisa menikmati saat kontak pertama terjadi. Khususnya yang berada di Pulau Jawa karena kontak pertama diperkirakan terjadi pukul 17.26 WIB dan waktu terbenamnya matahari antara 17.30 WIB. Sedangkan puncak GMC terjadi pukul 17.52 WIB, yang hanya bisa disaksikan masyarakat Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan menyebar ke daerah lain di Pulau Sumatera. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>

Share This Post