Jangan ngaku warga Pati kalau belum pernah berkunjung ke situs peninggalan Genuk desa Kemiri.

by
ISKNEWS.COM

Pati,isknews.com –  Genuk Kemiri merupakan lokasi yang ditengarai bekas pusat pemerintahan Kadipaten Pati, sebelum dipindahkan ke Kampung Kaborongan,Kelurahan Pati Lor hingga sekarang, semula berupa tanah kosong yang banyak ditumbulp9 ISKNEWS.COMhi pohon besar dan rumpun bambu.

Bagian depan masuk lokasi tersebut terdapat pohon beringin tua.Kawasan itu mulai ditata dan diperindah, ketika masa Pemkab Pati dijabat Bupati Sunardji.Selain dipasang tembok pembatas keliling, bekas bangunan pendapa kabupaten juga dipindahkan ke lokasi tersebut, sehingga pada setiap peringatan HUT Pati yang tiap tahun jatuh pada 7 Agustus, pendapa berfungsi sebagai tempat malam tirakatan.

Di belakang sisi utara pendapa terdapat cungkup mirip seblp8 ISKNEWS.COMuah makam. Di dalam bangunan itulah terdapat sebuah Genuk (tempayan) yang dikenal sebagai Genuk Kemiri yang kondisinya sudah tidak utuh lagi karena pecah. Di lokasi Genuk itu,biasanya dijadikan tempat orang untuk ngalap berkah.

TRENDING :  Presiden Joko Widodo Urung Buka Muktamar ke-XI Jatmi di Pati

Pada sisi belakang pendapa terdapat makam tua yang diyakini warga sebagai makam sesepuh Kemiri. Sejak dipindahkan bekas bangunan pendapa kabupaten, tempat tersebut bila malam tidak gulita seperti waktu dulu karena diberi penerangan listrik.Selain itu, Balai Desa Serirejo juga sudah dipindahkan ke lokasi tersebut.(Wibawa)

TRENDING :  Kejurnas Pelti Pati Open 2017, Bagus Laksono dan Rindosa Wijaya Boyong Gelar Ganda Putra Prestasi

KOMENTAR SEDULUR ISK :