Jangan Sekali – Kali Pakai Kendaraan Baru Di Jalan Tanpa STCK, Jika Tidak Mau Di Tilang

Jangan Sekali – Kali Pakai Kendaraan Baru Di Jalan Tanpa STCK, Jika Tidak Mau Di Tilang

Kudus, isknews.com – Pemberlakuan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCKB) merupakan aturan baru yang di keluarkan oleh Kepolisian diperuntukan mencoba kendaraan baru di jalan raya bagi konsumen yang membeli kendaraan bermotor yang dibeli dari perusahaan atau dealer di daerah masing – masing.

Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) dikeluarkan oleh perusahaan atau dealer dan sudah melalui proses kepolisian daerah itu merupakan sebagai surat kendaraan bermotor baru yang digunakan oleh konsumen saat berkendara di jalan raya meskipun plat nomor kendaraan belum keluar secara resmi.

Hal ini disampaikan oleh Damin Bagian Regident Direktorat Lalu lintas Polda Jateng saat ditemui oleh isknews.com Selasa, (16/8) mengatakan bahwa semua pemilik kendaraan baru harus wajib dilengkapi surat tersebut, apabila tidak ada pada saat kendaraan diterima wajib ditanyakan kepada dealer untuk diminta.

BACA JUGA :  Belasan Penyandang Difabel Ujian SIM

“Semua pemilik kendaraan baru harus wajib dilengkapi surat tersebut, apabila tidak ada pada saat kendaraan diterima oleh konsumen maka konsumen wajib ditanyakan kepada dealer atau perusahaan untuk diminta” jelasnya.

STCK juga sebagai tanda praregistrasi atau sebagai pengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang belum keluar secara resmi, biasanya STCK berlaku selama 14 hari setelah dikeluarkan oleh perusahaan. Bahkan dibeberapa perusahaan/dealer yang ada di Kabupaten Kudus juga sudah mengeluarkan, meskipun beberapa masyarakat pada umumnya belum mengetahui secara keseluruhan mengenai hal tersebut.

Ditambahkan juga oleh Damin bahwa anggota kepolisian dilarang menilang kendaraan yang tanpa plat nomor dengan menunjukan surat STCK, kecuali apabila pengendara tidak dapat menunjukan sim/ melanggar aturan lalu lintas lainnya dapat dilakukan penindakan tilang.

BACA JUGA :  PENGAMANAN LEBARAN, POLRES KUDUS GELAR OPERASI KETUPAT CANDI 2015

“anggota kepolisian dilarang menilang kendaraan yang tanpa plat nomor dengan menunjukan surat STCK, kecuali apabila pengendara tidak dapat menunjukan sim/ melanggar aturan lalu lintas lainnya dapat dilakukan penindakan tilang” imbuhnya.(SM/HK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post