Jangan Takut Bersentuhan dengan Penderita Kusta

by
ISKNEWS.COM
Penderita kusta di Kudus, Rabu (25-07-2018). (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kusta merupakan penyakit kulit yang kerap disepelekan oleh masyarakat. Meskipun kusta tidak menyebabkan kematian, tetapi penyakit tersebut dapat menggiring penderitanya pada stres berat hingga bunuh diri.

Tidak dipungkiri, banyaknya stigma negatif di masyarakat tentang kusta. Membuat penderita kusta rentan mengalami tekanan psikologis hingga memutuskan mengakhiri hidupnya denan cara yang tragis. Stigma negatif itu tidak hanya diderita oleh penderita kusta saja, namun para eks penderita kusta juga mengalami hal yang sama.

Selama ini, banyak orang yang takut bersalaman dan berinteraksi dengan penderita dan eks penderita kusta karena takut tertular. Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah kusta dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita?

TRENDING :  Seluk Beluk Desa Golantepus

Pengelola Progam Kusta, Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Nuryanto menjelaskan bahwa penyakit kusta disebabakan oleh Mycrobacterium Leprae. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit TBC yang ditularkan melalui percikan air ludah atau droplet penderita. Peluang penularan kusta melaui kulit atau sentuhan langsung sebenarnya kecil. Peluang itu membesar jika kontak dilakukan secara kontinyu dalam waktu yang lama.

TRENDING :  Setelah Lama Tak Bersua, Car Free Night Kudus Akan Dievaluasi

KOMENTAR SEDULUR ISK :