Jawa Tengah Raih Juara Umum MQK ke VI

by
ISKNEWS.COM

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kafilah Jawa Tengah menjadi juara umum dalam gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) tingkat nasional ke VI tahun 2017 yang digelar di Ponpes Roudlatul Mubtadiin Balekambang. Disusul Jawa Timur dan Jawa Barat pada posisi kedua dan ketiga. Sementara itu untuk kafilah terfavorit diraih kafilah Ponpes Roudlotul Mubtadiin.Pengumuman juara ini dilakukan dalam acara penutupan MQK ke VI ini dilakukan Selasa (5/12/2017) malam. Hadir dalam penutupan ini, Sekda Jateng, Kakanwil kemenag Jateng dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Jepara.

TRENDING :  27 Pengkab Sepak Takraw Bersaing Perebutkan Tiket Porprov 2018

Pada MQK kali ini diikuti 35 kafilah yang mewakili 34 provinsi di Indonesia ditambah kafilah Ponpes Balekambang. Total ada 28 majlis di mana 25 majlis untuk membaca dan memahami kitab kuning serta 3 majlis lainnya berisi debat bahasa arab dan bahasa inggris serta eksebisi. Selain itu digelar pula halaqah ponpes, sarasehan ponpes, diskusi kepesantrenan serta debat konstitusi berbasis kitab kuning yang diikuti untuk menyemarakkan MQK kali ini.

ISKNEWS.COM

Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Farhani mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar. MQK tak lain bertujuan mendorong santri meningkatkan kemampuannya khususnya di bidang kitab kuning sebagai tradisi keilmuan yang ada di pondok pesantren. “Alhamdulilah berjalan lancar. Total ada sekitar 28 majelis yang digelar,” ujarnya.

TRENDING :  Kudus Mengajar Ajak Masyarakat Lestarikan Permainan Anak Tradisional

KOMENTAR SEDULUR ISK :