Jawa Tengah Raih Juara Umum MQK ke VI

oleh -1,679 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kafilah Jawa Tengah menjadi juara umum dalam gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) tingkat nasional ke VI tahun 2017 yang digelar di Ponpes Roudlatul Mubtadiin Balekambang. Disusul Jawa Timur dan Jawa Barat pada posisi kedua dan ketiga. Sementara itu untuk kafilah terfavorit diraih kafilah Ponpes Roudlotul Mubtadiin.Pengumuman juara ini dilakukan dalam acara penutupan MQK ke VI ini dilakukan Selasa (5/12/2017) malam. Hadir dalam penutupan ini, Sekda Jateng, Kakanwil kemenag Jateng dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Jepara.

Pada MQK kali ini diikuti 35 kafilah yang mewakili 34 provinsi di Indonesia ditambah kafilah Ponpes Balekambang. Total ada 28 majlis di mana 25 majlis untuk membaca dan memahami kitab kuning serta 3 majlis lainnya berisi debat bahasa arab dan bahasa inggris serta eksebisi. Selain itu digelar pula halaqah ponpes, sarasehan ponpes, diskusi kepesantrenan serta debat konstitusi berbasis kitab kuning yang diikuti untuk menyemarakkan MQK kali ini.

Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Farhani mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar. MQK tak lain bertujuan mendorong santri meningkatkan kemampuannya khususnya di bidang kitab kuning sebagai tradisi keilmuan yang ada di pondok pesantren. “Alhamdulilah berjalan lancar. Total ada sekitar 28 majelis yang digelar,” ujarnya.

Acara penutupan dilakukan dengan suguhan tari sufi dari Sekartaji Art. Tari Sufi ini cukup unik, selain menampilkan belasan penari berpakaian putih, dikombinasikan pula dengan tari-tarian tradisional. Setelahnya, ada penampilan musik dari empat peserta MQK asal Bandung. Peserta itu menampilkan lagu Ayo Mondok dengan gubahan musik Despacito. Selain itu ada penampilan nasyid modern yang juga meramaikan acara. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.