Jelang Coblosan Besok, Malam Ini Ribuan Pemohon Urus e-KTP Di Disdukcapil Kudus

oleh
ISKNEWS.COM
Suasana antrean para pemohon KTP jelang Pilkada. Insert : Sekretaris Ditjen Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, I Gede Suratha (foto : Yuliadi Mohammad)

Kudus, isknews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, menjelang gelar Pilkada Serentak yang tinggal dalam hitungan jam, malam ini membuka loket pelayanan hingga pukul 24.00 dini hari malam ini,   Selasa (26/06/2018).

Dari pantauan media ini pada pukul 22.00 malam tadi,  sejumlah pemohon masih mengantre di ruang tunggu pelayanan Dinas Dukcapil Kudus dan secara sporadis masih terus menerus datang dan pergi para pemohon yang malam itu memohon pelayanan pengurusan data kependudukan.

Tingginya animo masyarakat Kudus dalam mengurus data kependudukan menjelang pilkada serentak menarik perhatian, Sekretaris Ditjen (sesditjen) Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Gede Suratha, yang sedang melakukan kunjungan kerja di kota Semarang.

Gede malam itu melakukan sidak di gedung Disdukcapil Menurutnya, even Pilkada ini meningkatkan kesadaran kolektif warga untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk) terutama KTP.

“Seharusnya kesadaran ini lebih ditingkatkan tidak hanya pada saat even pilkada saja, tetapi juga kesadaran untuk melengkapi persyaratan atas administrasi kependudukan yang seharusnya di miliki oleh warga negara,” katanya sembari mengamati pergerakan para pemohon di ruang tunggu gedung Disdukcapil Kudus.

Kelengkapan adminduk ini juga membantu eningkatan partisipasi pemilih dalam even Pilkada Serentak 2018.

“Karena dengan adanya dokumen data diri warga jadi berkesempatan menyalurkan hak politiknya pada pesta demokrasi pemilu ini,” ujarnya.

Gede Suratha juga mengaku mengapresiasi pelayanan istimewa yang dilakukan oleh Pemkab Kudus dalam melayani warganya dalam hal mengurus data administrasi kependudukan.

“Harapan saya kiat-kiat yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kudus dalam memberikan pelayanan maksimal kepada warganya, juga ditularkan kepada kabupaten/kota yang ada di sekitar Kudus,” pintanya.

Sementara itu, Busono, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kudus, yang malam itu mendampingi Sesditjen menjelaskan, jelang Pilkada yang akan berlangsung besok dan merupakan hari libur nasional pelayanan di instansinya tetap buka.

TRENDING :  Puluhan Pengendara Terjaring Razia Di Polsek Kota

“Besok kami buka hingga pukul 13.00 WIB, untuk melayani pencetakan KTP, sementara mala mini kami buka hingga pukul 24.00,” katanya.

Menurutnya  Jumlah pemohon data kependudukan utamanya KTP malam ini benar-benar melonjak tinggi bahkan diluar ekspektasi mereka.

TRENDING :  108.063 Warga Kudus Belum Melakukan Perekaman EKTP

“Bayangkan hingga malam ini para petugas kami sudah melayani sebanyak 2.800 an pemohon KTP, dan itu melonjak dari hari-hari biasa yang berkisar diangka 400 pemohon, selain melayani perekaman KTP, kami juga melayani cetak suket atau surat keterangan,” tandasnya.

TRENDING :  Meluapnya Sungai Kaweden,Akibatkan Banjir Di Manyargading Dan Batukali

KOMENTAR SEDULUR ISK :