Jelang Keramaian Tradisi Dandangan, Dishubkominfo Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas

Jelang Keramaian Tradisi Dandangan, Dishubkominfo Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas

KUDUS, isknews.com – Keramain tradisi Dandangan yang menandai datang awal Ramadhon, masih sekitar 10 hari lagi. Meskipun demikian, jauh-jauh hari, Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, sudah mempersiapkan diri, terutama yang terkait dengan rekayasa lalu lintas, di pusat perayaan Dandangan, yakni di sekitar Masjid Menara Kudus.
Kepala Dishubkoninfo Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto , melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR), Putut Dwi Kuncoro, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, kemarin, membenarkan hal itu.
Menurut dia, rekayasa lalu lintas yang dimaksud, adalah pengalihan arus lalu lintas di Jalan Sunan Kudus, dari mulai perempatan Jember hingga perempatan Simpang Tujuh. Hal terkait dijadikannya jalan tersebut, sebagai pusat tempat berjualan pedagang kaki lima (PKL), selama berlangsungnya Dandangan. “Jalan Sunan Kudus itu akan ditutup selama berlangsungnya Dandangan, terutama untuk kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.”
Diungkapkan selanjutnya, karena jalan yang ditutup itu merupakan jalur vital dari dan ke Kecamatan Kaliwungu, juga dari Kabupaten Jepara, menuju pusat Kota Kudus, perlu dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari dua arah. Selama ini, jalan yang biasa digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas kendaraan bermotor roda empat, termasuk angkutan pedesaan (angkudes) yang dari Jepara ke Semarang, dialihkan dari perempatan Jember ke selatan, Jalan Nitisemito dan Jalan HM Basoeno. Bagi pengguna kendaraan, khususnya mobil pribadi yang akan langsung ke Semarang, diarahkan melalui jalan di Desa Ploso, ke arah jembatan Tambaklulang. “Jembatan baru itu cukup lebar untuk kendaaraan roda empat dari dua arah.”
Sedangkan arus lalu lintas dari arah Kota Kudus ke Kecamatan Kaliwungu maupun ke Jepara, terutama untuk mobil pribadi, dialihkan melalu Jalan Mangga, terus ke arah barat sampai di ujung pertigaan Jalan Kyai Norhadi. Jalan alternatif lainnya untuk pengalihan arus lalu lintas itu, adalah melalu Jalan Veteran, ke arah barat, sampai di pertigaan ujung Jalan KH Achmad Dahlan.
“Baik yang menyangkut personil maupun rambu-rambu, terkait dengan rekayasa lalu lintas itu, sudah kami siapkan dan sejauh ini tidak ada masalah,” tegas Kabid LLAJR Dishubukominfo Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Jalur Nglobo Segera Ditambal

Share This Post