Jelang Lebaran, Pengajuan Izin Makanan Meningkat

Jelang Lebaran, Pengajuan Izin Makanan Meningkat

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pengajuan izin produk pangan rumah tangga (IRTP) di Kabupaten Jepara dalam sebulan terakhir meningkat drastis. Peningkatan bisa mencapai lebih dari 250 persen. Jika pada bulan April hanya ada 7 Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, di bulan Mei ada sebanyak 26 izin yang dikeluarkan. Hal ini disampaikan oleh Kasie Kesehatan Lingkungan (Kesling) pada DKK Jepara, Hadi Sarwoko, Selasa (13/6/2017).

Menurut Hadi, menjelang Ramadhan lalu, memang ada peningkatan pengajuan izin PIRT ini. Hal ini sebagian untuk produk makanan untuk lebaran. Jika pada Februari ada lima izin Maret justru hanya ada dua izin dan meningkat pada bulan berikutnya. “Izin PIRT didominasi makanan untuk lebaran semacam putri salju, castengel dan kue-kue lebaran lainnya. Untuk PIRT ini memang untuk satu produk satu izin,” kata Hadi.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Petugas Periksa Kelaikan Angkutan Umum

Sedangkan untuk pengajuan PIRT catering, lanjut Hadi, tidak banyak peningkatan. Sepanjang Mei tercatat hanya ada dua pengajuan untuk catering. “Untuk catering justru tidak ada peningkatan,” imbuhnya.

Untuk mengajukan PIRT ini, kata Hadi, cukup mudah dengan mengisi blangko pengajuan yang disertai sejumlah syarat administratif dan sample makanannya. Setelah itu, pihaknya akan melakukan survey langsung ke lokasi untuk melihat secara langsung proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan. “Jika saat survey ini ditemukan tidak sesuaian maka belum tentu kita berikan izin. Terlebih jika menggunakan bahan yang dilarang atau berbahaya, tentu tidak kita izinkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Hadi menambahkan, izin PIRT ini masa berlakunya selama tiga tahun. Jika masa berlakunya habis bisa langsung diperpanjang. Akan tetapi, selama tiga tahun berjalan itu, pihaknya juga akan melakukan inspeksi ke pengusaha makanan yang telah berizin. “Selain itu juga ada pembinaan rutin dari Puskesmas setempat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran Stok Darah di UTD PMI Cabang Kudus Cukup

Di jelang lebaran ini, Hadi meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membeli makanan atau kue untuk lebaran. “Jangan lupa saat membeli harus memperhatikan kemasan dan masa kedaluwarsanya. Selain itu juga produsennya juga harus jelas,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>

Share This Post

94 Responses to "Jelang Lebaran, Pengajuan Izin Makanan Meningkat"

  1. Pingback: diy

Comments are closed.