Jelang Natal dan Tahun Baru Waspadai Jalur Rawan Macet

oleh

Kudus, isknews.com – Menjelang datangnya Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, bagi warga masyarakat, khususnya yang akan mengadakan perjalanan liburan akhir tahun, kiranya perlu mengenal dan mengetahui jalur lalu lintas yang akan dilalui.

Di Kabupaten Kudus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, sudah mempersiapkan diri menyongsong datangnya natal dan tahun baru itu, termasuk memetakan jalur yang rawan macet di sejumlah titik, agar pengendara berhati-hati dan waspada saat melewati jalur tersebut.
Dari beberapa penyebab kemacetan itu, diantaranya adalah arus lalu lintas yang padat, jalan sempit, pasar tumpah, serta adanya sejumlah bus yang menurunkan penumpangnya di jalan umum atau di luar terminal.

TRENDING :  Jelang Natal dan Tahun Baru Polisi Buru Penjual Miras

Banyaknya penumpang yang berjubel di luar terminal, ditengarai menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas (lalin) di Terminal Bus Induk Jati Kudus.
Adapun jalur atau lokasi rawan macet itu, berdasarkan peta rawan kemacetan dan rawan kecelakaan yang dipasang di papan pengumuman Terminal Tipe-A Jati Kudus, terdapat sebanyak tujuh titik, yakni, Jalan Agil Kusumadia, depan Terminal Bus Induk Kudus. Penyebab terjadinya macet lalin di titik ini, adalah banyaknya penumpang berjubel dan angkutan ngetem di luar terminal.

TRENDING :  H-3 Arus Mudik Di Pantura Pati Makin Padat

Selanjutnya, pusat perbelanjaan Matahari dan Pasar Bitingan, penyebab lalin macet adalah keberadaan pedagang kaki lima (PKL), parkir mobil, sepeda motor dan becak, serta banyaknya penyeberang jalan. Syawalan “Ada” di Jalan Kudus – Jepara, penyebab kemacetan, lalu lintas dua arah, kendaraan padat.
Pasar Bareng, penyebab lalin macet adanya parkir angkot, penyeberang jalan, parkir berlebihan.
Bulusan, penyebab lalin macet, pasar tumpah, banyaknya penyeberang jalan.
Pasar Kliwon, lalin macet disebabkan, parkir berlebihan, pasar tumpah.
Simpang Tujuh, lalin macet disebabkan, parkir berlebihan.

TRENDING :  Kesadaran Buruh Menjaga Keselamatan Diri Masih Minim

Potensi rawan macet, juga terjadi di Jalan lingkar tenggara kilometer-4, penyebab lalin macet, volume lalin yang padat dan Jalan Kudus Purwodadi, penyebab lalin macet, pasar tumpah, banyak penyeberang jalan, lalin padat.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :