Jelang Natal, Harga Komoditas Pangan Naik

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Harga sejumlah bahan pangan di Jepara mengalami kenaikan jelang Natal dan tahun baru. Komoditas yang mengalami kenaikan harga diantaranya beras, cabai hingga daging ayam. Kenaikan beragam hingga sekitar Rp. 5 ribu.

Darminingsih, pedagang ayam di Pasar Jepara Satu (Ratu), mengungkapkan, kenaikan harga ayam potong sudah terjadi beberapa minggu belakangan ini. Kenaikan itu berdampak pada menurunnya permintaan dari pembeli. Untuk ayam sayur, saat ini harganya sekitar Rp. 32 ribu, naik dari sebelumnya yang hanya Rp. 28 ribu tiap kilogramnya. Sedangkan ayam jantan naik Rp. 5 ribu, dari Rp 50 ribu perkilogram kini menjadi Rp 55 ribu perkilogram. “Kenaikan sudah seminggu ini menyebabkan permintaan dari pembeli menurun,” jelasnya.

TRENDING :  Diduga Karena Puntung Rokok, Gran Max Ludes Terbakar

Darmi memperkirakan kenaikan masih akan terjadi jelang mendekati tanggal 25 Desember hingga pergantian tahun. Hal ini, katanya, berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya. Meski demikian, dirinya masih bersyukur pasokan untuk ayam sayur ini masih cukup lancar meskipun harganya naik. “Katanya dari pemasok stoknya berkurang karena sempat gagal panen,” imbuhnya.

TRENDING :  Festival Memeden Gadu Kembali Digelar

Kalau dari pemasok, alasan harga daging ayam naik karena untuk jenis ayam sayur sempat gagal panen, meskipun demikian pasokannya masih lancar. Tapi ya itu harganya naik,” urainya.

Hal yang sama disampaikan oleh Nur Sutami (33) pedagang beras di Pasar Ratu. Menurutnya, beras jenis C4 Super mengalami kenaikan sekitar Rp. 1.500 tiap kilogramnya. Jika sebelumnya harganya dipatok Rp. 10.000 menjadi Rp.11.500. selain harganya naik, pasokan juga berkurang dari biasanya. Jika biasanya mengambil 1 ton untuk tiga minggu kini dirinya hanya mengambil lima kwintal saja. “hanya ngambil 5 kwintal, karena harganya naik,” katanya.

TRENDING :  Komisi C : Kasus Pungli SMP Biar Jadi Pembelajaran Yang Lain

Sementara untuk komoditas cabai rawit dalam beberapa hari ini mengalami kenaikan. Cabai rawit kini harganya sekitar Rp. 22 ribu, naik dari sebelumnya yang hanya Rp. 18 ribu. Sedangkan untuk rawit biasa harganya sekitar Rp. 15 ribu. “Untuk bawang merah dihargai Rp 15 ribu dan bawang putih cutting harganya Rp 26 ribu,”tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :