Jelang Natal, Harga Komoditas Pangan Naik

by
ISKNEWS.COM

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Harga sejumlah bahan pangan di Jepara mengalami kenaikan jelang Natal dan tahun baru. Komoditas yang mengalami kenaikan harga diantaranya beras, cabai hingga daging ayam. Kenaikan beragam hingga sekitar Rp. 5 ribu.

Darminingsih, pedagang ayam di Pasar Jepara Satu (Ratu), mengungkapkan, kenaikan harga ayam potong sudah terjadi beberapa minggu belakangan ini. Kenaikan itu berdampak pada menurunnya permintaan dari pembeli. Untuk ayam sayur, saat ini harganya sekitar Rp. 32 ribu, naik dari sebelumnya yang hanya Rp. 28 ribu tiap kilogramnya. Sedangkan ayam jantan naik Rp. 5 ribu, dari Rp 50 ribu perkilogram kini menjadi Rp 55 ribu perkilogram. “Kenaikan sudah seminggu ini menyebabkan permintaan dari pembeli menurun,” jelasnya.

Darmi memperkirakan kenaikan masih akan terjadi jelang mendekati tanggal 25 Desember hingga pergantian tahun. Hal ini, katanya, berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya. Meski demikian, dirinya masih bersyukur pasokan untuk ayam sayur ini masih cukup lancar meskipun harganya naik. “Katanya dari pemasok stoknya berkurang karena sempat gagal panen,” imbuhnya.

TRENDING :  Jelang Natal dan Tahun Baru Waspadai Jalur Rawan Macet

KOMENTAR SEDULUR ISK :