Jelang Pemilu 2019, 202 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kudus Perekaman E-KTP

oleh
Warga binaan Rutan Kelas IIB Kudus saat melakukan perekaman E-KTP. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebanyak 202 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kudus melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elekteonik (E-KTP), Senin (31/12/2018).

Perekaman E-KTP terhadap warga binaan tersebut berdasarkan permintaan dari pihak Rutan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus dan atas saran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

Kepala Rutan Kelas IIB Kudus Budi Prajitno melalui Eko Budihartanto, Ka.Subsi Pelayanan Tahanan mengatakan, Giat perekaman E-KTP untuk Warga Binaan Rutan Kudus tersebut sebagai langkah jemput bola instansi Rutan Kudus guna ikut berperan aktif dalam mensukseskan giat nasional pemilihan presiden dan legislatif tahun 2019.

TRENDING :  PJ Bupati Kudus Pimpin Deklarasi Pemilu Aman Dan Damai Di CFD Kudus

“Narapidana yang ikut pengecekan E-KTP sebanyak 202 napi. 76 tahanan, 126 napi. Sementara 6 orang data belum ditemukan karena ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda,” jelas Eko Budi.

Perekaman E-KTP, lanjutnya, dilakukan serentak secara nasional di setiap rutan di Indonesia. Hal itu sesuai surat himbauan yang kami terima pada 23 Oktober 2018 lalu, tentang Pemenuhan Data dan Infomasi Daftar pemilih Sementara (BPS)/Daftar pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres Tahun 2019 serta merujuk surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia perihal Pelayanan Jemput Bola.

TRENDING :  Museum Fosil Patiayam Bakal Diperluas

“Perekaman yang dilakukan selama satu hari itu juga dalam rangka pemenuhan hak konstitusional bagi pemilih tak terkecuali di lapas atau rutan dan cabang rutan di Indonesia,” tambahnya.

Terpisah, Menurut Kepala Disdukcapil Kudus, Putut Winarno, Perekaman E-KTP dilakukan bagi warga Kudus yang masih belum memiliki kartu identitas. Selain itu, lanjut Putut, perekaman tersebut bukan hanya dilakukan di Rutan saja melainkan di berbagai lembaga seperti lembaga pendidikan yakni di sekolah-sekolah.

TRENDING :  Desa Kirig, Bagaimana Asal Usulnya?

“Perekaman ini juga sebagai pemenuhan tahapan bagi KPU menjelang Pemilu 2019 mendatang. Tapi yang terpenting, ini perioritas kami bagi masyarakat Kudus yang sudah berusia 17 tahun ke atas untuk melakukan perekaman E-KTP,” terangnya. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :