Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih Terus Merangkak Naik

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih Terus Merangkak Naik

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Jelang ramadhan, harga beberapa komoditas bumbu dapur mengalami kenaikan. Kenaikan paling tinggi terjadi pada harga bawang putih yang mencapai Rp 20 ribu dari sebelumnya. Pantauan di Pasar Jepara Satu (Ratu) beberapa pedagang mengeluhkan kenaikan harga tersebut, lantaran jumlah pembeli yang terus menurun.

Salah seorang pedagang di Pasar Ratu, Nur mengatakan, kenaikan harga bawang putih ditengarai karena turunnya pasokan. Selain itu musim yang tak menentu menyebabkan fluktuasi harga tersebut. “Kalau saya jualnya Rp 65 ribu, harga semula Rp 40 ribu,” ungkapnya.

TRENDING :  Harga Bawang Putih Masih Tinggi

Dirinya berharap agar harga bumbu tersebut cepat turun. merangkaknya harga telah dimulai beberapa saat lalu. Perlahan namun pasti, harga bawang putih mulai naik. Dirinya mengatakan, biasanya membeli stok bawang putih sekitar 15 kilogram. Namun seiring kenaikan harga bawang putih, pasokannya berkurang menjadi 5 kilogram.

TRENDING :  Melaut, Nelayan Karangaji Dikabarkan Hilang

Pedagang lainnya, Ngatminah mengatakan, kenaikan sudah terjadi sejak beberapa saat lalu secara bertahap. Dirinya tidak mengetahui dengan jelas penyebabnya. Akan tetapi, dengan tingginya harga itu, penjualan bawang putih juga mengalami penurunan.

Sementara itu, salah seorang pembeli Fadlikhah, warga Desa Rengging Kecamatan Pecangaan mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan kenaikan harga bawang putih. Menurutnya, kebutuhan terhadap bawang putih tidak terlalu banyak, apalagi hanya untuk kebutuhan masak di rumah. “Kalau yang naik bawang putih tidak terlalu berdampak dibandingkan jika yang naik barang-barang lain. Sebab, tidak terlalu banyak menggunakan bawang putih ketika masak,” katanya.

TRENDING :  Tingginya Harga Bawang Putih Didalami Satgas Pangan

Selain bawang putih, bawang merah pun mengalami kenaikan harga. Dari mulanya Rp 30 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 35 ribu. Sedangkan, harga telur juga merangkak, semula Rp 16 ribu menjadi Rp 19 ribu. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*