Jembatan Wonokerto Diperbaiki, Ongkos Bus Jepara-Semarang Naik

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Tarif angkutan umum bus jurusan Jepara – Semarang sejak beberapa waktu lalu naik dari sebelumnya. Hal ini sebagai dampak adanya perbaikan jembatan Wonokerto-Demak. Perbaikan jembatan ini membuat waktu tempuh yang semakin lama sehingga konsumsi BBM juga bertambah.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jepara Samsul Arifin menyebut, sejak proses pengerjaan jembatan tersebut dimulai, pihaknya banyak mendengarkan keluhan dari anggotanya. Salah satu keluhan adalah tentang jarak tempuh Jepara-Semarang yang menjadi 4-5 jam. “Saat ini penumpang menurun karena waktu tempuh yang terlalu lama. Kini jarak tempuh dari Jepara -Semarang bisa mencapai 4-5 jam,” ujarnya.

TRENDING :  Masih Ditemui PPDP Tak Tempelkan Stiker

Dengan kondisi ini, Samsul meminta perbaikan jembatan segera diselesaikan. Atau menyediakan jalur darurat bagi kendaraan kecil guna memecah kepadatan. Untuk angkutan umum (bus) supaya pemerintah juga ikut memikirkan, misalnya pemberian subsidi bahan bakar atau solusi lain, karena sarana tersebut dipergunakan masyarakat kecil.

TRENDING :  Banyak Pencari Kerja Palsukan Umur

“Berdasarkan jadwal perbaikan jembatan itu akan berlangsung selama 2,5 bulan. Sehingga dengan kondisi ini mau tidak mau pengusaha angkutan pasti menaikan harga. Lantaran dengan kondisi seperti itu pasti memengaruhi hitung-hitungan bisnis,” jelasnya.

TRENDING :  Kesulitan Bahan Baku, Warga Mayong Kini Tak Lagi Produksi Keramik

Salah seorang kernet bus jurusan Jepara-Semarang Suyadi mengungkapkan, kini ongkos menuju Semarang menjadi Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 15 ribu.  Hal ini lantaran konsumsi solar membengkak. Dari sebelumnya delapan liter, kini ia menambah pasokan bahan bakar sekitar 4-5 liter lagi. “Karena sejak perbaikan jembatan, kita lewat jalur alternatif yang jaraknya tentu lebih jauh,” ujarnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :