Jepara Belum Siap Terapkan Tilang Elektronik

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pelaksanaan tilang elektronik sepertinya belum bisa diterapkan di Kabupaten Jepara dalam waktu dekat ini. Pasalnya, sarana prasarana penunjang untuk melaksanakannya belum siap. Diantara yang belum siap yakni kualitas kamera pemantau atau CCTV hingga kapasitas internet yang belum memadai.

Kabid Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jepara Aris Setiawan mengungkapkan, saat ini terdapat delapan CCTV yang sudah terpasang di sejumlah ruas jalan. Yakni di Mayong, Gotri, Kalipucang, Bangsri, Tugu Kartini, Perempatan Rahayu, SCJ dan Mlonggo. Hanya saja saat ini sedang dalam masa perawatan. Selain karena perawatan rutin, untuk sejumlah titik di kota perawatan dilakukan karena ada proyek pembuatan city walk di sepanjang jalan Kartini. “Saat ini CCTV yang kita miliki memang sedang dalam perawatan,” ujarnya.

Dengan kondisi ini, kata Aris, tilang elektronik berbasis CCTV belum bisa dilaksanakan. Selain dalam masa perawatan, CCTV yang ada di Jepara juga tergolong cukup lamban dan belum bisa menampilkan real time. Hal ini lantaran bandwith yang rendah. “Kapasitas bandwith memang perlu ditingkatkan agar bisa memantau real time. Saat ini kapasitas bandwith hanya 50 Mbps,” imbuhnya.

Selain itu, kendala lain yakni CCTV di Jepara belum cukup memadai untuk penerapan tilang elektronik ini. Beberapa CCTV belum dilengkapi dengan fitur zooming yang bisa digunakan untuk memantau kendaraan yang melanggar. “Hanya beberapa saja yang sudah cukup memadai seperti yang ada di Tugu Kartini, Bangsri dan Mayong, sisanya belum memadai. Soal tilang elektronik ini, juga menjadi kewenangan pihak kepolisian,” jelasnya.

Sementara itu Kasat lantas Polres Jepara AKP I Putu Krisna menyebut jika penerapan tilang elektronik memang membutuhkan kesiapan infrastrukturnya. Sedangkan di Jepara ini sepengetahuannya belum cukup baik. Meskipun di beberapa titik sudah terpasang CCTV, namun diperlukan pengeras suara dan teknologi informasi penunjang lainnya. “CCTV memang sudah ada tetapi masih dibutuhkan sarana prasarana lainnya untuk penerapan e-tilang. Kita akan koordinasikan dengan pihak terkait,” jelasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :