Jepara Bersaing Untuk Dijadikan Lokasi Pelabuhan Internasional

oleh
ISKNEWS.COM

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Rencana Jepara untuk menjadi lokasi pelabuhan samudera berskala internasional belum sepenuhnya mulus. Kini, Jepara harus bersaing dengan beberapa daerah lain untuk ditempati pelabuhan internasional itu. Selain Jepara, Kendal dan Rembang juga menjadi nominasi untuk dijadikan pelabuhan yang akan diproyeksikan menggantikan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang itu. Hal ini disampaikan oleh Bayu W, salah satu tim konsultan dari Pelindo III saat mengunjungi Jepara, Rabu (5/4/2017). Selain Bayu yang merupakan akademisi dari Universiras Airlangga Surabaya, tim konsultan juga berasal dari ITS Surabaya.

TRENDING :  PPh Dipangkas, Setoran Pajak UMKM Diharapkan Meningkat

ISKNEWS.COM

Menurut Bayu, pihaknya akan melakukan survey soal kondisi ekonomi dan sosial masyarakat yang akan di tempati pelabuhan itu. Sedangkan perwakilan dari ITS akan melakukan survey teknisnya, termasuk meneliti tanah, kedalaman hingga sisi sedimentasinya.

Suwarno, perwakilan tim lainnya mengungkapkan, sejauh ini secara teknis Jepara cukup baik dan layak untuk dijadikan pelabuhan samudra. Lokasi yang diajukan di Desa Balong Kecamatan Kembang tanahnya cukup baik dan kedalamannya mencukupi serta sedimentasinya yang rendah. “Secara teknis lokasi di Jepara cukup layak, kita tunggu saja survey di lokasi lain seperti di Kendal,” katanya saat bertemu Wakil Bupati Jepara Subroto.

TRENDING :  Marzuqi Rombak Jajaran Pejabat di Pemkab Jepara

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara Subroto mengungkapkan, upaya untuk terbebas dari keterisoliran terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Setelah, jalur Welahan – Keling ditingkatkan menjadi jalan nasional, kini Pemkab Jepara berencana membuat pelabuhan samudra dan kawasan industry.

Menurut Subroto, investasi untuk pembangunan pelabuhan dan kawasan industry bernilai puluhan triliun. “Pembangunan pelabuhan samudra ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang  menyatakan bawah laut Jepara merupakan yang terbaik di sepanjang Pantai Utara Jawa (pantura) untuk dibuat menjadi pelabuhan,” ujar Subroto.

TRENDING :  Di Luncurkan 11 Maret Besok, Car Free Night Akan Jadi Ikon Kota Baru Bagi Warga Kudus

Subroto menambahkan, lokasi pembangunan pelabuhan dan kawasan industry itu, akan dibangun di Jepara bagian utara. “Kita sudah menyiapkan lahan sekitar 2800 hektar untuk kawasan industry ini dan pelabuhan ini. Mudah-mudahan Jepara terpilih,” tandasnya.(ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :