Kabar Gembira Bagi Para Guru PBG Akan Hadir Bulan Depan

Kabar Gembira Bagi Para Guru PBG Akan Hadir Bulan Depan

Kudus, isknews.com – Pembangunan Pusat Belajar Guru (PBG) di Kabupaten Kudus, tinggal menunggu hitungan jari, karena menurut rencana, gedung PBG itu akan mulai dibangun pada awal Desember 2017. Ini tentu saja kabar gembira bagi guru. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, selaku premakarsa, juga sudah melakukan persiapan yang cukup maksimal, baik lahan, sarana dan prasarana, tenaga pengelola dan pengajar.

Sekretaris Dinas (Sekdin) Disdikpora Kabupaten Kudus, Kasmudi, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Jumat (24/11/17), mengatakan hal itu. Menurut dia, kepastian akan dibangunnya PBG itu, setelah Djarum Foundation selaku mitra kerja Disdikpora, memberikan lampu hijau pengadaan PBG itu. “Kesepakatan kedua belah pihak untuk bekerja sama itu, juga karena adanya kepastian tersedianya lahan yang akan dipakai membangun PBG, yakni bekas SDN 3 dan SDN 4 Mlati Norowito, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.”

Foto: Lahan bekas SDN 3 dan SDN 4 Mlati Norowito yang akan digunakan mendirikan gedung PBG. (Dok. Isknews.com/DM)

Untuk kesiapan sarpras, lanjutnya, tidak ada masalah, karena semua beaya pembangunan di tanggung oleh PT Djarum Kudus, melalui Djarum Foundation. Sedangkan untuk tenaga pengelola, nantinya akan diambilkan dari guru yang diberi tugas khusus sebagai pengelola, sementara untuk pengajar diambilkan juga dari guru yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan guru inti.
“Pengelola tugasnya selain sebagai penyelenggara, juga mengatur pelaksanaan diklat guru di PBG, sedangkan tugas guru inti sebagai pengajar. Jadi intinya, PBG, dari guru, oleh guru dan untuk guru.”

Mengenai anggaran untuk keseluruhan pengadaan fisik dan kegiatan, akan diupayakan secara mandiri, atau non APBD Kabupaten. Dengan kata lain, anggaran diklat didapat dari para guru yang peserta diklat di PBG. Karena diklat itu untuk kepentingan mereka sendiri, harapanya tidak keberatan. “Atau bisa saja menggunakan dana BOS, dari sekolah yang menugaskan gurunya untuk mengikuti diklat. “Kalau sudah berjalan, PBG akan melayani guru dari semua tingkatan, mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA,” jelas Sekdin) Disdikpora Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Tingkatkan Kualitas Para Santri Lewat Porsadin

Share This Post