Kades Kutuk Bantah Adanya Pungli Dalam Pelayanan Pembuatan KK Dan KTP

Kudus, isknews.com – Terkait adanya aduan masyarakat mengenai suara warga yang menyatakan adanya oknum pejabat desa yang mengenakan administrasi hingga sebesar Rp. 150.000 dalam pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diduga adanya beban biaya pungutan liar (pungli) di Desa Kutuk Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus kepada redaksi, dengan aduan tersebut ternyata tidak benar adanya pungli didalam pelayanan masyarakat dalam pembuatan KK maupun KTP.

Hal itu disampaikan oleh Supadiyono sebagai Kepala Desa saat ditemui oleh isknews.com Senin, (22/8) mengatakan bahwa selama menjabat sebagai kepala desa masyarakat yang membuat atau merekam KTP maupun KK tidak dipungut biaya atau gratis, jika ada yang bicara semacam itu maka tidak benar.

“Selama saya menjabat didesa ini tidak ada yang namanya pungutan liar atau beban administasi jika ada yang bicara itu maka tidak benar” jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa pembuatan KK maupun KTP itu tidak dikenakan adminitrasi akan tetapi gratis, hal ini juga pernah disampaikan kepada seluruh Kepala Daerah Bupati, Walikota, Gubernur seluruh indonesia bahwa dalam pembuatan maupun perekaman KK atau KTP itu gratis.(SM)

Facebook Comments